Menpora Dukung Timnas Rugby 7s yang Try Out ke Malaysia

 

Jakarta, MINA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali sangat mendukung tim nasional (Timnas) Rugby 7s yang akan melakukan Try Out di Sabah, Malaysia dalam rangka  Persiapan Sea Games 2019 mulai 30 November-11 Desember di Manila, Filipina.

“Saya senang dan bersyukur, hari ini saya bisa berhadapan langsung dengan timnas Rugby 7s. Timnas Rugby 7s  hari ini akan bertolak ke Sabah, Malaysia melakukan try out untuk persiapan Sea Games 2019 di Filipina,” kata Menpora pada Rabu pagi (30/10) di Gedung Kemenpora, Jakarta.

Menpora Zainudin Amali didampingi Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, Plt. Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Yuni Poerwanti dan Ketua Umum PB Persatuan Rugby Union Indonesia, Didik Mukrianto melepas Tim Nasional (Timnas) Rugby 7s di Gedung Kemenpora, Jakarta.

Timnas  tersebut rencananya akan berangkat pada Rabu  ini ke Malaysia selama satu pekan di sana.

Dalam kesempatan itu, Menpora berharap Timnas Rugby 7s bisa menggoreskan prestasinya untuk kebanggaan Indonesia. “Saya berharap timnas rugby bisa berprestasi dan menjadi kebanggaan buat bangsa dan negara. Namun kita tahu, rugby ini dikalangan masyarakat belum dikenal luas dan ini menjadi tantangan bagi para pengurus untuk memassalkan dan memasyarakatkan olahraga rugby. Tidak mudah mengembangkan Cabor yang belum dikenal masyarakat tapi yakinlah Kemenpora tidak akan membiarkan pengurus dan atlet rugby berjalan sendiri, pasti Kemenpora akan memberikan dukungan,” tambahnya.

Ia juga memberikan motivasi kepada para atlet rugby, karena telah diberi kesempatan untuk berjuang demi mengharumkan nama bangsa dan negara.

“Tidak semua punya kesempatan seperti kalian. Kalian akan membawa nama bangsa dan negara. 267 juta penduduk Indonesia berharap pada kalian semua. Karena itu, tolong di jaga harapan itu dengan imbalan prestasi. Prestasi hanya bisa di dapat dengan tiga hal. Pertama, berlatih secara terus menerus sesuai dengan program yang diberikan pelatih, kedua,  disiplin dan ketiga, mental bertanding,” tutur Menpora.

Ia pun berpesan kepada para atlet  untuk jangan rendah diri apabila menghadapi atlet dari negara lain. Karena, menurutnya, atlet Indonesia sama dengan atlet dari negara lain.

“Bangsa kita adalah bangsa yang besar maka dimana kita bertanding tidak boleh minder. Tidak boleh rendah diri karena  kita sama dengan atlet dari negara lain,”  ucapnya.

Sementara itu, Ketua Umum PB Persatuan Rugby Union Indonesia, Didik Mukrianto mengucapkan terima kasih  pada Menpora yang telah meluangkan waktu melepas Timnas  Rugby 7s yang akan Try Out ke Sabah,  Malaysia.

“Saya ucapkan terima kasih Pak Menteri karena sudah menerima kami sekaligus melepas Timnas  Rugby 7s akan Try Out ke Sabah, Malaysia. Saya akui mengurus cabor rugby ini memang tidaklah mudah karena masih baru di Indonesia. Tapi saya meyakini dengan melihat potensi atlet rugby kita maka kita bisa mengejar keketinggalan kita ini, ” jelasnya.

Adapun jumlah atlet yang tergabung sebanyak 24 pemain terdiri dari 12 pemain  pria dan 12 pemain  perempuan.  (R/R10/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)