Menpora Harap Cabor Petanque Bisa Raih Medali di SEA Games 2019

Jakarta, MINA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali meninjau pelatnas cabang olahraga (cabor) petanque di Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Jakarta, Jumat (15/11) Dan berharap timnas Indonesia petanque bisa meraih prestasi terbaik di SEA Games 2019 Filipina.

“Petanque Ini olahraga enggak susah, sangat sederhana. Kita ingin olahraga ini bisa prestasi nanti (di SEA Games). Kita harus kejar prestasi ditingkat ASEAN,” kata Menpora yang didampingi Plt Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Yuni Poerwanti, Kepala Bagian Humas Kemenpora Isa Anshary, Chief de Mission (CdM) kontingen Indonesia di SEA Games 2019 Filipina Harry Warganegara, serta Ketua Federasi Olahraga Petanque Indonesia Caca Isa Saleh.

Dalam kunjungannya, Menpora juga memotivasi dan memberi semangat kepada para atlet untuk bisa tampil percaya diri. Medali emas menjadi harapan agar bisa dibawa pulang ke tanah air. Untuk itu, atlet diminta berlatih dengan serius. demikian laporan yang diterima MINA.

Di sisi lain, Menpora juga ingin olahraga yang berasal dari Perancis ini bisa populer di kalangan masyarakat Indonesia. Federasi diminta untuk membuat turnamen di sejumlah daerah. Agar masyarakat bisa mengenal lebih jauh cabang olahraga petanque.

“Ya ini petanque bukan asal olahraga dari kita ya, tapi ini enggak susah. Harusnya semua daerah punya atlet petanque. Saya mendorong agar lebih banyak turnamen nantinya. Jadi, ini olahraga bukan hanya fisik, tapi mental harus oke serta konsentrasi harus penuh agar bisa mencapai sasaran,” ujar Menpora.

“Olahraga ini mudah, targetnya jelas dalam permainan. Biar populer, harus banyak turnamen. Sekali lagi, olahraga ini sederhana, semua usia bisa (memainkannya), asal bisa melihat target. Saya kira ini bagus. Dengan banyak turnamen, semoga olahraga ini bisa diminati,” kata Menpora.

Sementara itu, pelatih tim nasional petanque Indonesia, Andy Indarto menjelaskan, persiapan atlet sejauh ini berjalan dengan baik. Bahkan, timnya sempat melakukan training camp di Perancis pada Juli 2019. Selain itu, latih tanding juga dilakukan sebagai persiapan menuju SEA Games.

“Pada SEA Games nanti, target kita satu emas, satu perak, dan dua perunggu. Pesaing kita yaitu Thailand, Kamboja. Untuk nanti, kita akan turun di 4 nomor yaitu double putra dan putri, serta triple putra dan putri. Peluang emas ada di triple putri,” kata Andy. (R/LM/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)