Menpora Sambut Baik Tekad Luis Leeds Bawa Indonesia di Ajang F1

Jakarta, MINA – Pembalap berdarah Indonesia-Australia, Luis William Mahendra Leeds melakukan audiensi dengan di ruang kerjanya, Lantai 10, Kemenpora, Selasa (19/11) siang.

Luis datang bersama ibunya, Maria Leeds, warga negara Indonesia berasal dari Ngawi, Jawa Timur, Ketua Dewan Pengawas Indonesia Diaspora Network Global Dino Patti Djalal dan Manager Luis, Leeds Stuart  Sutcliffe.

Menurut Dino, tujuan Luis kemari (Kemenpora) untuk meminta dukungan dari pemerintah  agar ia bisa mewakili Indonesia kalau nanti ia bertanding di ajang Formula Satu (F1).

“Luis punya  keinginan besar untuk menjadi WNI, Luis  ingin mewakili Indonesia di ajang  F1 pada  tahun 2021,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima MINA, Rabu (20/11).

Menurutnya, karir Luis di Formula Empat  (F4) yang lalu, bukanlah karir yang biasa-biasa tapi karirnya sangat luar biasa. Luis pembalap muda yang naik podium sembilan belas kali dari dua puluh kali bertanding. Dari  sembilan belas kali naik podium, ia sembilan kali juara pertama. Tahun depan, ia mulai latihan untuk F2, ia punya keinginan untuk masuk di F1 dan membawa nama  Indonesia.

“Selama ini Luis  bertanding di F4 membawa bendera Australia tapi karena ibunya Maria Leeds merupakan warga negara Indonesia, maka Luis ingin menjadi WNI dan ia ingin  mengharumkan nama Indonesia. Masih ada waktu sampai usia 21 tahun, sekarang usia Luis 19 tahun,” tambahnya.

Menurut Dino,  keinginan Luis ingin jadi WNI sesuai yang diharapkan Presiden, bahwa Presiden ingin Diaspora Indonesia bisa berkarya untuk tanah air dan juga lebih banyak tampil dan mempromosikan Indonesia.

“Keinginan Presiden jelas, Diaspora Indonesia bisa berkarya membawa nama Indonesia sekaligus mempromosikan Indonesia di mata dunia. Dan di sini kita ada kesempatan emas, karena ada seorang pembalap muda Diaspora Indonesia  namanya , usianya 19 tahun berkewarganegaraan ganda (Australia-Indonesia) yang ingin mengharumkan nama Indonesia lewat balap mobil,” ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Menpora menyambut baik keinginan Luis ini. Menurutnya, tekad Luis untuk bertanding di bawah bendera Indonesia sangat luar biasa dan ini harus kita dukung.

“Keinginan Luis untuk membawa bendara Indonesia di ajang balap mobil sangat luar biasa. Kita akan memberikan dukungan kepada Luis. Dan apa yang dilakukan Luis ini akan  mendorong diaspora  yang berprestasi di negara lain untuk kembali ke Indonesia untuk mengharumkan nama Indonesia,” ujar Menpora yang didampingi Sesmenpora Gatot S Dewa Broto dan  Plt. Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Yuni Poerwanti.

Pada kesempatan itu, Menpora juga mengapresiasi  Dino Patti Djalal yang sudah mengapresiasi kerja Diaspora yang sudah menemukan bakat Luis dan berpotensi mengharumkan nama Indonesia.

“Dino luar biasa, karena dia juga salah satu yang bertanggungjawab terhadap diaspora kita yang  ada di berbagai negara. Dan ia menemukan bakat Luis. Saya bilang ke Dino, saya akan dukung dan akan memfasilitasi apa yang kita bisa fasilitas. Tekad Luis dalam bertanding begitu kuat,” katanya. (R/LM/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.