Mensristek: Riset Bidang Kesehatan dan Obat Herbal Harus Ditingkatkan

Denpasar, MINA – Menteri , Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir mengatakan, dalam mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul maka riset-riset di bidang dan obat dari bahan harus ditingkatkan.

“Kesehatan dibutuhkan untuk menghasilkan . Oleh sebab itu kami buat pemetaannya. Kami juga ingin meningkatkan riset-riset di bidang kesehatan dan obat herbal,” katanya dalam Seminar bertema “Penyiapan SDM Unggul dengan Optimalisasi RS Pendidikan dan Perguruan Tinggi dalam Penanggulangan HIV/AIDS” di Hotel Grand Inna Bali Beach, Sanur, Selasa (27/8).

Selain itu, Nasir juga mengatakan sesuai arahan Presiden RI, pembangunan SDM dimulai dari masa kehamilan. Kemudian setelah lahir, dilanjutkan dengan pemenuhan gizi yang baik sehingga tidak ada lagi kasus stunting.

Berbicara mengenai pengembangan riset, Nasir menjelaskan bahwa saat ini Pemerintah memberikan perhatian lebih, terutama untuk bidang kesehatan, pangan, dan teknologi informasi. Pada tahun 2020, pihaknya juga menyebut dana abadi riset meningkat, dan telah disetujui sekitar Rp6 triliun.

Ia menilai, peningkatan tersebut cukup signifikan dan akan dimanfaatkan secara maksimal, termasuk untuk meningkatkan kolaborasi riset dengan peneliti dunia.

Selain itu, hal penting lainnya terkait pengembangan SDM melalui peningkatan layanan kesehatan adalah terakreditasinya rumah sakit. Saat ini Kemenristekdikti memiliki Rumah Sakit dan Rumah Sakit Gigi Mulut yang pada bulan Agustus ini ikut berperan serta berpartisipasi dalam “Hari Menyusui Dunia” .

Salah satu rumah sakit bahkan telah terakreditasi internasional (versi JCI). Kemudian terdapat 11 rumah sakit dan tiga rumah sakit gigi mulut yang sudah terakreditasi paripurna/SNARS; satu rumah sakit dengan akreditasi pratama; tiga rumah sakit dan satu rumah sakit gigi mulut telah ditetapkan sebagai rumah sakit pendidikan; serta lima rumah sakit dan dua rumah sakit gigi mulut yang belum operasional.

“Kemenristekdikti bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan melalui Komite Bersama terus mendorong agar rumah sakit tersebut mampu beroperasional dan terakreditasi paripurna,” tambah Nasir.

Sementara itu Direktur Jenderal Sumber Daya iptek dan Dikti, Ali Ghufron Mukti menambahkan, Indonesia memiliki kekayaan kenekaragaman hayati yang berpotensi untuk dikembangkan menjadi obat-obatan herbal. (L/R10/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.