Menteri Agama: Kunjungan Syaikh Agung Al-Azhar Sangat Penting

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin. (Foto: Rendy/MINA)
RI Saifuddin. (Foto: Rendy/MINA)

Jakarta, 12 Jumadil Awwal 1437/22 Februari 2016 (MINA) – Menteri Agama Republik Indonesia (RI) Lukman Hakim Saifuddin mengatakan, kunjungan Syaikh Agung Al-Azhar, Ahmad Al-Thayyeb ke Indonesia sangat penting untuk mengatasi persoalan-persoalan yang dihadapi kaum Muslimin di Indonesia.

“Kunjungan ini sangat penting karena memang momentumnya sangat pas. Saat ini para ulama kita perlu mendapatkan pandangan dari beliau bagaimana mengatasi persoalan-persoalan yang kita hadapi sekarang,” kata Lukman Hakim kepada Mi’raj Islamic News Agency (MINA) usai pertemuan tertutup dengan Syaikh Agung Al-Azhar di Gedung Pusat, Jakarta, Senin (22/2).

Ia mengatakan, umat Islam perlu memperoleh pandangan yang lurus terkait Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin. Menurutnya, saat ini masih banyak kalangan yang menyalahgunakan Islam untuk kepentingan-kepentingan politis.

“Seperti kita ketahui, Islam di Indonesia saat ini disalahgunakan oleh sebagaian kalangan untuk kepentingan mereka, sehingga kita sering jumpai konflik-konflik yang mengatasnamakan agama,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya berharap, setelah kunjungan Syaikh Agung Al-Azhar, tidak ada lagi kelompok-kelompok yang mengatasnamakan Islam untuk membenturkan diri dengan kelompok Islam lainnya.

“Oleh karena itu, toleransi dalam melihat perbedaan pandangan sangat diperlukan. Seperti yang dijelaskan beliau bahwa toleransi adalah sebuah sunatullah yang sudah terjadi sejak masa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam,” tuturnya.

Di akhir penyampaiannya, pihaknya bersyukur atas kunjungan Syaikh Agung Al-Azhar ke Indonesia. “Kami sangat bersyukur dengan kunjungan Syaikh Al-Azhar. Beliau bahkan tidak hanya bertemu dengan presiden dan masyarakat, tetapi juga bertemu dengan ulama-ulama Indonesia,” pungkasnya. (L/P011/KF/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.