MENTERI AGAMA PAPARKAN PERSIAPAN HAJI 2015

(dok. Kemenag)
(dok. Kemenag)

Jakarta, 27 Syawal 1436/12 Agustus 2015 (MINA) – mengatakan, pihaknya telah melakukan persiapan tahun 2015 pada dua kegiatan, yakni kegiatan dalam negeri, dan kegiatan luar negeri.

“Kegiatan dalam negeri, menyangkut pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH), pembuatan paspor, pelunasan, pengurusan visa, dokumentasi, manasik, dan transportasi udara,” katanya, demikian keterangan pers yang diterima Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Adapun  kegiatan luar negeri menyangkut pelayanan transportasi darat bagi jamaah saat di Makkah dan Madinah, pemondokan, pelayanan kesehatan serta katering dan tenda di Arafah dan Mina,” paparnya.

Hal ini disampaikan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam kesempatan memberikan paparan pada Rapat Koordinasi tingkat Menteri tentang Persiapan Penyelenggaraan Ibadah Haji tahun 1436 H/2015 M, di Kemenko PMK, Selasa, Jakarta (11/8).

Hadir dalam kesempatan ini, Menko PMK , Menteri Kesehatan Nila Djuwita F Moeloek, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menkumham Yasonna Laoly, Kepala BIN Sutiyoso, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Abd Djamil, dan para pejabat di masing-masing kementerian terkait.

Pada kesempatan itu, Lukman juga menyampaikan bahwa saat ini buku manasik haji sudah didistribusikan kepada jamaah. “Buku tersebut didistribusikan lebih awal agar kesiapan jamaah lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” katanya.

Selain itu, Kemenag juga sudah melakukan bimbingan manasik di kecamatan, kabupaten/kota.  “Ini semua dilakukan, agar kualitas pelayanan haji tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya,” harapnya.

Menjadi layanan yang disiapkan Kementerian Agama juga, kata Lukman, program haji pintar yang sudah diluncurkan bulan lalu. Dalam program haji pintar ini terdapat bacaan-bacaan haji, peta dan sega hal ihwal terkait perhajian. Menag menambahkan bahwa dalam pelaksanaannya nanti,  pada setiap kloter, jamaah akan didampingi ketua kloter dan pembimbing haji, serta 3 orang medis.

Sementara, Menko PMK Puan Maharani menyampaikan bahwa jamaah haji tahun ini tidak berubah dari tahun lalu, sebanyak 168.000. Selain itu, Puan juga berharap dengan acara ini, Pemerintah bisa memastikan kesiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2015 bisa lebih baik lagi. “Progres kebijakan terkait penyelenggaraan haji sekarang luar biasa,” kata Puan. (T/P011/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Comments: 0