Menteri Kehakiman Mesir Dipecat Karena Hina Nabi  

Kairo, 5 Jumadal Akhir 1437/ 14 March 14, 2016 (MINA) –  Perdana Menteri Sharif Ismail mengumumkan Ahad malam , Menteri Kehakiman Mesir Ahmed al-Zend dipecat setelah membuat komentar yan menghina , dalam sebuah acara yang disiarkan televisi.

“Perdana Menteri  telah memutuskan untuk memecat Ahmed al-Zend, Menteri Kehakiman, dari jabatannya,” kata juru bicara Pemerintah Mesir, Hossam Alqaweesh. Demikian Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Sebuah sumber pengadilan yang lebih suka anonimitas, mengatakan bahwa Jaksa Agung Mesir , Nabil Sadiq telah menerima dua pengaduan hukum terhadap al-Zend berdasarkan pernyataan di televisi baru-baru ini di mana ia telah menghina Nabi Muhammad SAW.

Menurut pengacara Amr Abdel-Salam, yang pertama mengajukan kasus ini,  al-Zend, ketika membalas pertanyaan tentang penahanan wartawan mengatakan, “Jika Nabi Muhammad SAW menghina saya, saya akan memenjarakannya. ”

Komentar al-Zend memicu kemarahan publik, ia diminta Dewan Menteri untuk mengundurkan diri, tapi Menteri Kehakiman kontroversial itu menolak mengundurkan diri, sehingga Perdana Menteri memutuskan untuk memecatnya, menurut laporan di media pemerintah.

Al-Zend adalah tokoh peradilan menonjol di bawah rezim mantan Presiden Hosni Mubarak, kemudian ia adalah pendukung vokal  kudeta militer 2013 yang menumbangkan Mohamed Morsi, Presiden yang terpilih secara demokratis pertama Mesir. Ia kemudian diajak Presiden baru, Sisi, jadi menteri. (T/hna/P2 )

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)