Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menteri KKP Resmikan Pembangunan Pelabuhan Perikanan SKPT Sabang

Rudi Hendrik Editor : Widi Kusnadi - Selasa, 27 Agustus 2024 - 11:42 WIB

Selasa, 27 Agustus 2024 - 11:42 WIB

14 Views

Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono meresmikan atau groundbreaking pembangunan Pelabuhan Perikanan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di Gampong Ie Meulee, Kota Sabang, Aceh. Senin, 26 August 2024. (Foto: MINA)

Sabang, MINA – Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Sakti Wahyu Trenggono meresmikan atau groundbreaking pembangunan Pelabuhan Perikanan Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di Gampong Ie Meulee, Kota Sabang, Aceh.

Pada kegiatan yang berlangsung Senin (26/8) tersebut, Menteri KKP turut didampingi oleh Penjabat (Pj) Gubernur Aceh Safrizal dan Penjabat (Pj) Wali Kota Sabang Andri Nourman.

Menteri KKP, Sakti Wahyu Trenggono, menyebutkan, pembangunan SKPT Ie Meulee adalah modal penting dalam pengembangan daerah terluar yang memiliki sumber daya alam kelautan dan perikanan melimpah.

“Kami berharap proyek ini mendukung program penangkapan ikan terukur dan meningkatkan pengelolaan sumber daya perikanan,” kata Menteri KKP.

Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Gelar Festival Urban Farming

Trenggono menjelaskan, ke depan pihaknya akan fokus pada penguatan nelayan dari sisi produksi dan sarana prasarana, sektor investasi, serta pasar perikanan. Penguatan investasi di sektor perikanan akan mencakup pembangunan sarana prasarana, termasuk subsidi bahan bakar, alat tangkap, serta mendatangkan pasar ke Pulau Weh.

“Kami berharap bahwa dalam waktu satu tahun sejak groundbreaking ini, pembangunan SKPT akan selesai dan mulai memberikan manfaat signifikan bagi komunitas nelayan dan ekonomi lokal,” tambahnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Sabang berharap peresmian SKPT dapat memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal, baik dengan meningkatkan infrastruktur perikanan, serta mendukung kesejahteraan nelayan dan komunitas sekitar.

“Seperti yang dikatakan bapak Gubernur Aceh dan kita harapkan bersama, semoga peresmian ini menandai dimulainya pembangunan pelabuhan yang akan memperkuat sektor perikanan Kota Sabang,” harap Andri Nourman.

Baca Juga: Presiden Resmikan Kawasan Indonesia Islamic Financial Center

Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian KKP, Lotharia Latif, mengatakan, pembangunan proyek ini merupakan bagian dari konsep pembangunan berbasis wilayah yang lebih luas, dengan dana hibah dari pemerintah Jepang.

Pelabuhan perikanan ini dirancang untuk memberikan kontribusi signifikan terhadap pengembangan ekonomi lokal. Pada tahap awal, diharapkan proyek ini akan melibatkan tenaga kerja lokal, yang bertujuan untuk memberi dampak positif khususnya bagi nelayan tradisional di daerah tersebut.

Pembangunan itu diharapkan tidak hanya meningkatkan infrastruktur perikanan tetapi juga mendukung perekonomian lokal secara keseluruhan. Dukungan dari berbagai pihak diharapkan akan mempercepat realisasi proyek dan meningkatkan manfaatnya bagi masyarakat. []

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Baznas Berperan Penting dalam Akselerasi Sanitasi Aman di Temanggung

Rekomendasi untuk Anda

MINA Sport
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
Palestina
Indonesia
MINA Health