Menteri Luar Negeri Saudi-Iran Bertemu di OKI

Menteri Luar Negeri Arab Saudi dan Iran bertemu di Istanbul, Turki pada hari Selasa, 1 Agustus 2017. (Foto: ISNA)

Istanbul, MINA – Menteri Luar Negeri Arab Saudi dan Iran telah bertemu dan berjabat tangan di pertemuan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Istanbul, Turki hari Selasa (1/8).

Kantor berita ISNA melaporkan, Menteri Luar Negeri Saudi Adel Al-Jubeir dan rekan Iran-nya Mohammad Javad Zarif saling menasihati pada sebuah pertemuan luar biasa mengenai ketegangan baru-baru ini di kota Al-Quds (Yerusalem) yang diduduki di Palestina.

Kedua menteri tersebut mengadakan pembicaraan singkat di sela-sela pertemuan. Demikian The New Arab memberitakan yang dikutip MINA.

Menteri Zarif menjelaskan, langkah tersebut dilakukan dalam “konvensi diplomatik” dan pertanda saling menghormati sebagai teman lama dengan Jubeir.

Saudi dan Iran telah lama berkompetisi untuk menanamkan pengaruhnya di Timur Tengah. Kedua saingan tersebut telah mendukung pihak berlawanan dalam konflik Suriah dan Yaman yang telah merenggut ribuan nyawa.

Tanggal 5 Juni, Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab dan Mesir memutuskan hubungan dengan Qatar yang dituduh dekat dengan Iran dan mendukung ekstremisme. Namun, Qatar dengan tegas membantah tuduhan tersebut. (T/RI-1/RS1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)