Menteri Luar Negeri UEA Tiba di Damaskus

Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab Sheikh Abdullah bin Zayed. (Foto: The Star)

Damaskus, MINA – Menteri Luar Negeri Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Abdullah bin Zayed dan delegasinya tiba di Damaskus, Suriah pada Selasa (9/11), media Lebanon melaporkan.

Ia menjadi pejabat Emirat paling senior yang mengunjungi Suriah dalam satu dekade sejak perang saudara meletus di negara itu.

Media Al-Manar TV yang dijalankan oleh Hizbullah Lebanon, sekutu Presiden Bashar Al-Assad melaporkan, Sheikh Abdullah bin Zayed tiba dengan delegasi senior.

Dikutip dari Middle East Eye, UEA dan kementerian luar negeri Suriah belum mengkonfirmasi laporan tersebut, tetapi pelacak penerbangan online menunjukkan pesawat kepresidenan Abu Dhabi terbang ke Suriah.

Surat kabar pro-pemerintah Suriah Al-Watan mengutip sumber media tidak resmi juga berbicara tentang kedatangannya.

UEA, yang sebelumnya mendukung pemberontak yang berusaha menggulingkan presiden Suriah, telah berada di garis depan untuk menormalkan hubungan dengan Suriah.

Awal tahun ini, bahkan UEA menyerukan Suriah diterima kembali ke Liga Arab dan membuka kembali kedutaannya di Damaskus tiga tahun lalu.

Sebagai sekutu dekat UEA, Amerika Serikat tidak mendukung upaya negara Teluk untuk menormalkan hubungan dengan Assad sampai perang saudara berakhir. (T/R6/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)