MENTERI PERTAHANAN AS PERINGATKAN ANCAMAN ISIS AFGHANISTAN

Menteri Pertahanan Amerika Serikat Ashton Carter. (M. Scott Mahaskey/Politico)
Menteri Pertahanan Amerika Serikat Ashton Carter. (M. Scott Mahaskey/Politico)

Kabul, 8 Rabi’ul Awwal 1437/19 Desember 2015 (MINA) – Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS) Ashton Carter memperingatkan Pemerintah Afghanistan tentang ancaman Islamic State (ISIS/Daesh) di negara itu.

Kunjungan dadakan Carter ke Kabul pada Jumat (18/12) dilakukan beberapa hari setelah Pentagon mengeluarkan laporan kepada Kongres AS yang mengungkapkan terjadinya peningkatan 27 persen serangan tingkat tinggi oleh Taliban sejak Januari hingga pertengahan November tahun ini, dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

“Kami melihat sarang kecil ISIL (ISIS) ada di seluruh dunia, termasuk di Afghanistan, tapi saya akan mengatakan bahwa itu adalah ancaman yang kita lacak sangat ketat,” kata Carter setelah bertemu Menteri Pertahanan Afghanistan Masoom Stanekzai di Kabul, Jumat.

“Kemajuan Taliban di beberapa bagian negara menggarisbawahi bahwa ini adalah pertarungan yang sulit dan jauh dari selesai,” katanya. Al Jazeera memberitakannya yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Laporan Pentagon mengatakan, korban di pihak pasukan pertahanan dan keamanan nasional Afghanistan jatuh lebih banyak pada 2015, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Sementara itu, Jenderal John Campbell yang memimpin pasukan internasional di Afghanistan mengatakan, ISIS telah bersatu selama enam bulan terakhir di provinsi Nangarhar dan Kunar.

Menurut Campbell, ada sekitar 1.000 hingga 3.000 pejuang ISIS di Afghanistan.

Dia mengatakan, pasukan Afghanistan telah menunjukkan ketahanan selama “setahun yang sangat sulit”, tetapi akan membutuhkan bantuan untuk beberapa waktu.

“Saya yakin Afghanistan akan terus membutuhkan dukungan kami dan dukungan masyarakat internasional,” kata Campbell.

Pada pertengahan Oktober, Presiden Barack Obama mengumumkan, AS akan memperpanjang peran militernya di negeri itu dan mempertahankan pasukannya sebanyak 9.800 tentara hingga 2016. (T/P001/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

=====
Ingin mendapatkan update berita pilihan dan info khusus terkait dengan Palestina dan Dunia Islam setiap hari dari Minanews.net. Yuks bergabung di Grup Telegram "Official Broadcast MINA", caranya klik link https://t.me/kbminaofficial, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.