Menteri Sosial Apresiasi Langkah Kemanusiaan SMSI

Menteri Sosial Tri Rismaharini (tengah) saat menyampaikan kata sambutan pada peresmian jalan dan fasilitas sanitasi di Kampung Jaha, Kelurahan Pager Agung, Kecamatan Walantaka, Kota Serang Provinsi Banten, Ahad, 7 Februari 2021 (Foto: Istimewa)

Serang, MINA – Tri Rismaharini mengapresiasi kepedulian sosial dan langkah kemanusiaan Serikat Media Siber Indonesia () yang membangun jalan dan fasilitas sanitasi untuk masyarakat dalam rangka menyambut (HPN) 2021 di Kota Serang Provinsi Banten.

“Saya salut dengan langkah kemanusiaan SMSI. Selama 20 tahun lebih saya menjadi PNS, baru pertama kali ada swasta, terlebih organisasi pers yang membangun jalan dan fasilitas MCK untuk masyarakat,” katanya di Serang, Ahad (7/2).

Mensos mengemukakan pernyataan tersebut pada peresmian jalan sepanjang 750 meter dan fasilitas sanitasi berupa 16 MCK di Kampung Jaha, Kelurahan Pager Agung, Kecamatan Walantaka Kota Serang Provinsi Banten atas sumbangan anggota SMSI se-Indonesia dalam rangka menyambut HPN 2021.

Risma lebih lanjut mengatakan, apa yang dilakukan SMSI dengan membangun jalan dan fasilitas MCK untuk masyarakat di daerah yang masih tertinggal sejatinya adalah membangun peradaban.

Dengan adanya jalan baru, maka mobilitas masyarakat semakin tinggi dan anak-anak bisa pergi ke sekolah dengan nyaman serta tidak lagi melalui jalan yang penuh lumpur.

“Dengan adanya MCK yang bersih ini masyarakat juga akan terbiasa melakukan cara hidup sehat. Ini luar biasa. Saya salut pada SMSI,” ucap Mensos yang disambut tepuk tangan meriah hadirin di tempat peresmian acara.

Acara peresmian jalan dan sanitasi yang dibangun SMSI itu juga dihadiri Wakil Ketua Dewan Pers Hendri Ch Bangun, Sekretaris Daerah Provinsi Banten Ali Muktabar, Walikota Serang H Syafrudin, Ketua Umum SMSI Firdaus, dan Ketua Panitia HM Nasir serta Penasehat SMSI Pusat Ervik Ari Susanto.

Sebelumnya, Ketua Umum SMSI, Firdaus, mewakili 1.224 media online anggota SMSI seluruh Indonesia dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kehadiran Mensos serta para pejabat Provinsi Banten dan Pemkot Serang pada acara tersebut.

“Saya selaku Ketua Umum SMSI mengucapkan terima kasih atas kehadiran Ibu Menteri pada acara SMSI yang merupakan rangkaian kegiatan menyambut Hari Pers Nasional 2021 ini. Kami bangga kepada Bu Risma, dan kita semua tahu prestasi emas yang ditorehkan Bu Risma saat memimpin Kota Surabaya,” kata Firdaus.

Ia juga mengemukakan, sebagai organisasi konstituen Dewan Pers, SMSI ingin membawa angin baru dalam menyambut Hari Pers Nasional dengan tidak lagi terfokus pada acara serimonial, namun bersama-sama melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat.

Menurut Ketua Umum SMSI, pembangunan jalan dan fasilitas sanitasi untuk masyarakat di Kampung Jaha, Desa Pagar Agung, Kecamatan Walantaka Kota Serang itu sendiri dimulai beberapa pekan lalu yang diawali dengan pembebasan lahan, perataan tanah dan penebangan pohon.

“Pelaksanaan pembangunan proyek sosial itu ditangani SMSI Pusat dan SMSI Provinsi Banten yang paling dekat dengan lokasi proyek tersebut serta didukung sepenuhnya oleh PT Dwi Ratna Putra,” katanya.

Penyerahan hibah jalan dan 16 MCK itu sendiri dilakukan oleh Ketua Umum SMSI kepada Walikota Serang. Rangkaian acara diakhiri dengan peninjauan jalan dan MCK oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini didampingi para undangan.(R/R1/P1)

 

Mi’raj News Agency (MINA) 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.