Menuju Good University Governance, PTKIN Benahi Pengawasan Internal

Bogor, 5 Rajab 1437/13 April 2016 (MINA) – Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) harus dikelola secara professional dan modern. Hal ini untuk menyambut era persaingan bebas dan penyiapan pengembangan sains dan teknologi yang dibutuhkan masyarakat.  Pesan ini disampaikan Sesditjen Pendidikian Islam Ishom Yusqi saat membuka acara Koordinasi Penerapan Good University Governance (GUG) PTKIN Bogor, beberapa waktu lalu.

Di hadapan Dosen Pengelola Sistem Pengendali Internal (SPI), Ishom Yusqi menekankan perlunya PTKIN meningkatkan mutu dan layanan, salah satunya mengunakan model Good University Governance (GUG). “Di masing-masing PTKIN sudah dibentuk SPI yang diharapkan bisa menjadi penjamin mutu non akademik dan melakukan penguatan kelembagaan PTKIN,” terang Ishom. Demikian laporan laman resmi Kemenag yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Keberadaan SPI, lanjut Ishim, harus dapat menjamin tata kelola kampus akan menjadi lebih baik, transparan, dan akuntabel. “Saya kira dengan GUG yang mencangkok sistem Good Coorporate Governance, pengelolaan kampus akan lebih transparan, independen, dan awareness dalam segala hal,” tegasnya.

Agar GUG berjalan baik, Ishom minta para pengelola SPI untuk tidak banyak berteori. Implementasi SPIharus dimulai sejak perencanaan program.  Kebijakan perluasan akses, peningkatan mutu, relevansi, dan daya saing yang diusung Ditjen Islam, akan terwujud jika diawali perencanaan yang baik dan ditunjang  perilaku pegawai yang baik pula.

“Organisasi harus dibangun dengan pegawai-pegawai yang baik, jujur, disiplin, kerja keras menuju zona integritas (ZI) dan reformasi birokrasi,” tandasnya.

Kasubbag Tata Usaha Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Diktis) Abdullah Hanif mengatakan, kegiatan Koordinasi Penerapan Good University Governance (GUG) PTKINdimaksudkan sebagai penguatan kelembagaan PTKIN seperti UIN, IAIN dan STAIN. Kegiatan yang diprakarsai Subbag TU  Diktis  ini diikuti para pengelola SPI dari 18 PTKINyang berstatus BLU, masing-masing 2 orang. (T/P006/R02)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.