MER-C Akan Lanjutkan Misi Kemanusiaan di Afghanistan

Jakarta, MINA – Lembaga kegawatdaruratan medis Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) telah merencakan untuk melanjutkan misi kemanusiaannya di Afghanistan.

“MER-C fokus membantu Afghanistan karena mereka sangat membutuhkan bantuan kita. Itu dasar-dasar pertimbangan kita, kita sedang mengukur dulu, menghitung-hitung, kira-kira bantuan apa yang tepat dan cocok buat mereka,” kata Ketua Presidium MER-C Sarbini Abdul Murad dalam wawancara khusus dengan tim wartawan Kantor Berita MINA di Jakarta, Rabu (29/9).

“Sebagai organisasi medis kita lebih pada kesehatan, apakah itu nanti rumah sakit kita bantu, apakah itu nanti kita bangun klinik, atau kita sumbangkan ambulans, atau ada pelatihan dokter misalnya, itu sesuai dengan hasil pertimbangan-pertimbangan kita nantinya,” tambahnya.

Sarbini atau biasa disapa dr. Ben mengatakan, tim MER-C beberapa hari lalu bertemu dengan Dubes Indonesia untuk Afghanistan, Arief Rachman, membahas perencanaan ke depan agar MER-C terus berkiprah membantu Afghanistan.

“Alhamdulillah perencanaan sudah ada dan kita  membicarakan ini dengan Duta Besar, kita membicarakan kira-kira lokasi di mana, dan dikatakan mungkin tidak di Kabul, kita mempertimbangkan di luar Kabul, apakah itu di Kandahar, atau di Herat, atau di Mazare Sharif, nanti akan kita diskusikan dengan pejabat kesehatan mereka,” ujar Sarbini.

Namun, kata dr. Ben, MER-C akan ke Afghanistan jika sudah ada pemerintah yang efektif, hal itu mengingat pertimbangan keselamatan tim, untuk transportasi, bawa barang dan segala macam yang harus dipastikan clear artinya lancar.

“Jadi ini kenapa kita belum bergerak, karena ini masih menjadi diskusi kita, apakah kapan, bagaimana dan itu diskusi yang kita masih diskusikan bersama,” ujarnya.

MER-C berharap pemerintahan baru di Afghanistan dapat membentuk pemerintahan yang stabil, inklusif, kemudian ekonomi jalan, politik bisa tenang, dan kemakmuran bisa kembali, sehingga masyarakat bisa hidup dengan tentram.

Sebagai sebuah organisasi yang mempunyai pengalaman melakukan misi kemanusiaan di Afghanistan pada tahun 2001 dan 2002. MER-C menyatakan siap ikutserta membantu Afghanistan di bidang kesehatan, apabila pemerintahan telah terbentuk dan efektif. (L/R6/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)