MER-C akan Selenggarakan Seminar Mass Gathering Medicine

Jakarta, MINA – Lembaga medis kemanusiaan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) akan menyelenggarakan seminar dan workshop dengan topik Mass Gathering Medicine.o 20 dalam rangka memperingati 20 Tahun organisasi itu.

Seminar dan workshop rencananya akan diselenggarakan pada Sabtu, 12 Oktober, mulai pukul 07:00-16:00 WIB di Aula Rumah Sakit Budi Kemuliaan, Jakarta Pusat.

“Acara seminar dan workshop tentang kebencanaan di tengah masyarakat ini diselenggarakan melihat tren masyarakat saat ini berkumpul dalam berbagai event seperti musyawarah, pengajian, atau demonstrasi. Masyarakat yang berkumpul ini memiliki potensi gangguan kesehatan bila tidak dikelola dengan baik persiapannya,” ujar Ketua Diklat dan Kaderisasi MER-C dr. Hadiki Habib kepada MINA pada Rabu (18/9).

“Acara ini sendiri nantinya akan diisi oleh dokter-dokter dari MER-C yang memang berkecimpung di dunia kebencanaan dan kegiatan perkotaan, kemudian kita juga berencana mengundang Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta, juga dari RS Budi Kemuliaan serta pakar hukum untuk berbicara tentang hukum kemanusiaan,” tambahnya.

Ia juga mengatakan, acara ini dibuka bagi peserta medis dan nonmedis karena tema yang diangkat bersifat umum, meski ada tema medis yang dibicarakan, hal itu masih dapat dilakukan oleh masyarakat awam.

“Jadi baik medis atau masyarakat awam harus sudah memiliki perspektif yang sama,” katanya.

MER-C adalah organisasi sosial kemanusiaan yang bergerak dalam bidang kegawatdaruratan medis dan mempunyai tujuan memberikan pelayanan medis untuk korban perang, kekerasan akibat konflik, kerusuhan, kejadian luar biasa dan bencana alam baik di dalam maupun luar negeri. (L/Ast/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)