MER-C Kirim Tim Medis Ke Sinabung

Tim assesment di . Foto: MER-C

Karo, Sumatera Utara, MINA – Lembaga kemanusiaan Medical Emergency Rescue -Comitte (MER-C) Sumatera Utara mengirimkan tim medis guna melakukan assesment ke Kabupaten Karo guna membantu masyarakat korban erupsi Gunung Sinabung, Selasa (20/02).

Tim yang terdiri dari dua dokter umum dan empat perawat terampil khususnya di bidang kegawat-daruratan tersebut tiba di BPBD Kabupaten Karo pukul 11.30 WIB.

Tim kemudian melanjutkan diskusi dengan KASI Kedaruratan BPBD Karo, Riwanda Ketaren.

Menurut keterangan Riwanda, daerah yang terdampak paling parah yakni Kecamatan Payung dan Kecamatan Tiganderket.

Berdasarkan pantauan Mer-C di Kecamatan Payung, saat ini belum ada masalah kesehatan yang serius.

Hal tersebut juga dibenarkan oleh Kepala Puskesmas Kecamatan Payung, dr. Fredy. Menurutnya belum ada masalah kesehatan yang terlihat.

“Saat ini memang belum ada masalah kesehatan tetapi kemungkinan 3-5 hari ke depan ada masalah gangguan kesehatan yakni ISPA”, ujarnya

Fredy sangat mengharapkan Mer-C dapat memberikan obat-obatan bagi masyarakat di sekitar Sinabung.

“Dalam kondisi seperti ini obat batuk cair dan tetes mata serta masker juga sangat di butuhkan karena debu masih sangat tebal”, ujarnya.

Selasa kemarin tim MER-C juga telah menyerahkan masker ke Puskesmas untuk didistribusikan ke masyarakat.

Setelah assesment di Kecamatan Payung tim kemudian melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Tigandetket yang memiliki kondisi dan persoalan sama dengan kecamatan yang telah mereka kunjungi sebenarnya.

Di akhir perjalanan tim melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kab. Karo untuk rencana tindak lanjut dari asessment .

Menurut MER-C, tim akan kembali kelapangan pada hari minggu tanggal 25 Februari 2018 guna melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan umum di jambur Kecamatan Payung. (L/B04/P3/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.