MER-C Kirim Tim Medis ke Sulbar

Jakarta, MINA – ,Lembaga Kemanusiaan dan Kbencanaan  Medical Emergency Rescue Committee (MER-C)  mengirim tim medis atau relawan kemanusian ke lokasi bencana  gempa bumi yang mengguncang Sulawesi Barat,  untuk memberikan bantuan bagi para korban.

“Tim berangkat pada Jumat (22/1) WIB, para relawan medis terdiri dari dokter spesialis bedah orthopedi, perawat bedah, perawat umum dan non medis. Anggota tim tidak hanya berasal dari Jakarta, namun juga dari MER-C Cabang Jawa Timur yang baru saja terbentuk,” kata Dr. Sarbini Abdul Murad, Ketua Presidium MER-C atau sapa akrabnya dr. Ben.

Dr. Ben mengatakan, sesuai karakteristik bencana gempa, selain menugaskan dokter spesialis bedah tulang dan perawat bedah. Tim MER-C dilengkapi dengan set peralatan dan perlengkapan operasi untuk membantu mengoperasi korban-korban gempa di rumah sakit, demikian siaran pers MER-C di Jakarta yang diterima MINA.

“Obat-obatan umum dan emergency kit juga disiapkan untuk program mobile clinic ke wilayah-wilayah terdampak gempa atau titik-titik pengungsian yang ada.

Kegiatan ini dilakukan untuk dapat menjangkau korban-korban cedera dan trauma yang belum mendapat penanganan medis dikarenakan jauh atau tidak dapat menjangkau fasilitas kesehatan yang ada. Pasien-pasien yang memerlukan tindakan lebih lanjut akan dirujuk ke rumah sakit,” jelasnya.

Situasi pandemi Covid-19 yang masih merebak menjadi perhatian MER-C. Edukasi mengenai protokol kesehatan dan keamanan tim, pasien serta korban-korban yang ditangani menjadi prioritas. Untuk itu, tim medis juga dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) yang adekuat dan cukup nyaman untuk bertugas di lapangan.

Tim MER-C direncanakan akan bertugas hingga 10 hari ke depan, tergantung situasi di lapangan. Tim lanjutan dan spesifikasi relawan yang akan dikirimkan berikutnya akan disesuaikan dengan kebutuhan dan hasil penilaian di lapangan.

Selanjunya bantuan dan donasi bagi program-program Kemanusiaan MER-C dapat disalurkan melalui :BCA, 686.0099339, BSM, 701.565.8899, Bank Mega Syariah, 1000.209.400 Atas nama : Medical Emergency Rescue Committee.

MER-C adalah organisasi sosial kemanusiaan yang bergerak dalam bidang kegawatdaruratan medis dan mempunyai sifat amanah, profesional, netral, mandiri, sukarela dan mobilitas tinggi. Pendiri utama organisasi ini adalah Joserizal Jurnalis, seorang aktivis dan dokter ahli bedah tulang.

MER-C bertujuan memberikan pelayanan medis untuk korban perang, kekerasan akibat konflik, kerusuhan, kejadian luar biasa, dan bencana alam di dalam maupun di luar negeri. Organisasi ini dibentuk di Jakarta, 14 Agustus 1999 oleh sekumpulan mahasiswa Universitas Indonesia yang berinisiatif melakukan tindakan medis untuk membantu korban konflik di Maluku, Indonesia Timur. (R/R8/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)