MER-C dan PPNI DPW Jakarta Bahas Rencana Kerja Sama Pelatihan Penanggulanganan Kebencanaan

Jakarta, MINA – Lembaga Kegawatdaruratan Medis MER-C menerima kunjungan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Jakarta, di Kantor MER-C, di Jakarta Pusat, Rabu (3/8). Dalam pertemuan itu, MER-C dan PPNI DPW Jakarta membahas rencana kerja sama pelatihan kebencanaan.

Ketua PPNI DPW Jakarta Jajang Rahmat mengatakan, kunjungan ini ditujukan untuk membangun jejaring kerjasama atau kolaborasi tentang bagaimana penanggulanganan bencana dari aspek keilmuan sampai dengan pelayanan kebencanaan.

Ia berharap, nantinya akan ada MoU yang berkaitan dengan pelatihan workshop, seminar kebencanaan dan tentunya tindak lanjut bagaimana penangulanganan bencana dari MER-C.

“Kadang-kadang orang turun ke lokasi bencana butuh ilmu, ini yang akan kita belajar dari MER-C, tentang bagaimana terstruktur secara baik untuk terjun ke lokasi bencana, maka perlu ada pembelajaran keilmuannya,” kata Rahmat.

Presidium MER-C dr. Yogi Prabowo dalam kesempatan itu memberikan apresiasi kepada PPNI yang anggotanya cukup reponsif dalam menanggapi kebencanaan. Ia juga mengatakan, MER-C menyambut baik rencana kolaborasi yang nantinya dapat menjadikan penanganan bencana di Indonesia lebih baik lagi.

“Iya ini satu kolaborasi yang akan baik kedepanya bagi penanganan bencana d Indonesia. Melihat kekuatan PPNI terutama di DKI Jakarta ada 56.000 ini cukup besar, jadi dengan pelatihan bersama, sharing pengalaman dan keilmuan bersama jadi momen yang baik dan kedepannya kita bisa kolaborasi dengan PPNI di kota-kota lainya selain Jakarta,” kata dr. Yogi.

“Kita akan segera melanjutkan kolaborasi dalam bentuk training, pelatihan bersama, kemudian juga misi bantuan bencana bersama dan yang lebih besar lagi adalah bagaimana juga bisa mendirikan pusat training untuk pelatihan tidak hanya perawat, tapi juga tenaga Kesehatan pada umumnya,” tambahnya.

PPNI adalah organisasi profesi persatuan perawat yang tugasnya sesuai undang-undang adalah menetapkan standar, peraturan, persyaratan dan kode etik. PPNI tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Untuk DPW Jakarta, PPNI memilik anggota sekitar 56.000. (T/R7/RS2)

 

Mi’raj News Agency (MINA)