MER-C SEGERA KIRIM TIM MEDIS KE GAZA

Tim Medis Relawan MER-C (Poto :MINA)
Tim Medis Relawan Jakarta. (Foto : mirajnews.com)

Jakarta, 20 Ramadhan 1435/18 Juli 2014 (MINA) – Medical Emergency Rescue Committe (MER-C) segera memberangkatkan tim medis ke Jalur memberikan layanan bantuan gawat darurat.

MER-C segera membuka unit gawat darurat RS di Bayt Lahiya, Gaza Utara dan mengalokasikan dana Rp23 miliyar, kata Tim MER-C saat konferensi pers di Gedung MER-C Jakarta, Jumat Sore.

Sementara donasi rakyat Indonesia untuk pengadaan alat kesehatan RS Indonesia di Gaza sejak 1 Juli sampai 17 Juli yang terkumpul sekitar Rp 37,2 milyar, serta donasi bantuan kemanusiaan di Gaza dari 1 Juli sampai 17 Juli mencapai sekitar Rp6,8 miyar.

Pemerintah dan Rakyat Gaza mengharapkan RS Indonesia dapat segera beroperasi, mengingat bagian utara Gaza merupakan daerah yang memakan korban terbanyak  agresi militer Zionis Israel.

Baca Juga:  Prancis Kecam Israel Serang Bantuan Yordania untuk Gaza

RS Indonesia direncanakan membuka unit Instalasi Gawat Darurat (IGD), kamar tindakan operasi maksimal, unit ICU dengan  10 tempat tidur,  poliklinik yang beroperasi maksimal, Radiologi hanya dilengkapi X-Ray portable/mobile dan unit Rawat inap beroperasi dengan 50 bed.

Manager Operasional MER-C, Rima M mengharapkan, RS Indonesia di Gaza bisa bekerja pada kapasitas 50% dari total kemampuan.

“Besar harapan kami bahwa dapat terkumpul total donasi sebesar Rp 65M agar RS Indonesia bisa beroperasi secara sempurna,” kata Rima.

Ia menambahkan, walaupun bangunan RS mengalami kerusakan pada jendela dan plafon akibat guncangan bom Zionis Israel yang meledak tidak jauh dari lokasi RS. Namun, secara umum unit-unit medis masih dapat difungsikan sesegera mungkin.

Baca Juga:  Ismail Haniya: Tidak Ada Satu pun Rumah Di Gaza Kecuali Ada Syuhadanya

Dalam waktu dekat MER-C dijadwalkan menyiapkan pemberangkatan tim bedah medis, terdiri dari dokter spesialis orthopedi dan traumatologi, dokter spesialis bedah, dokter spesialis anestesi, perawat bedah dan perawat ICU untuk bekerja di unit yang telah dibuka.

MER-C bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan Gaza dalam memobilisasi Sumber Daya Manusia (SDM) di Gaza yang ditempatkan di RS Indonesia, berkoordinasi dengan KBRI di Mesir dan kedutaan besar Mesir di Jakarta.

Bantuan kemanusiaan relawan MER-C   di Gaza telah menyalurkan sebagian donasi dari rakyat Indonesia berupa sembako dan santunan uang tunai kepada rakyat Gaza. (L/P012/EO2/R1)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA) – www.mirajnews.com

Wartawan: kurnia

Editor:

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0