MESIR KEMBALI BUKA PERLINTASAN RAFAH PEKAN INI

Gerbang perlintasan Rafah, perbatasan Mesir dan Gaza, Palestina. (Foto: AA)
Gerbang perlintasan , dan , . (Foto: AA)

Gaza, 4 Ramadhan 1436/21 Juni 2015 (MINA) – Pekan ini, Pemerintah Mesir akan kembali membuka perlintasan Rafah dengan Jalur Gaza mulai Selasa (23/6) selama tiga hari, demikian seorang pejabat Palestina mengatakan.

“Pemerintah Mesir telah memberitahu pihak Palestina bahwa perbatasan Rafah akan dibuka di kedua arah selama tiga hari mulai Selasa hingga Kamis,” kata Kepala Perbatasan Otoritas Palestina (PA) Nazmi Mehanna kepada Anadolu Agency yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

“Perjalanan akan diperuntukkan bagi pelajar, pasien dan orang-orang yang memiliki izin tinggal di luar negeri dan berpaspor asing,” tambahnya.

Sebelumnya Mesir membuka penyeberangan Rafah pada 13 Juni selama satu pekan.

Kairo telah memperketat cengkeramannya di perbatasan dengan Jalur Gaza yang diblokade sejak 2013, menyusul penggulingan Presiden terpilih Muhammad Mursi dalam kudeta militer.

Periode panjang penutupan di perbatasan Rafah yang menjadi satu-satunya akses bagi warga Gaza pergi ke dunia luar tanpa melalui wilayah kendali Israel, telah membuat hidup sekitar 1,9 juta warga Gaza lebih sulit. (T/P001/R05)

 

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rana Setiawan

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0