Mesir-Lebanon Umumkan Ramadhan Mulai Selasa

Seorang wanita Lebanon bersama anak-anaknya berjalan melewati lentera dan bulan sabit tradisional yang dipajang untuk dijual pada bulan suci Ramadhan, di pusat kota Beirut, Lebanon, Ahad, 14 Juni 2015. (AP/Hussein Malla)

Kairo, MINA – Otoritas agama di dan mengumumkan bahwa bulan suci 1442 H akan dimulai pada Selasa,13 April 2021.

“13 April 2021 akan menjadi hari pertama Ramadhan 1442 H,” kata Dar Al-Ifta dari Mesir, lembaga yang mengeluarkan fatwa agama di negara berpenduduk terbesar di dunia Arab itu, Ahad (11/4), Nahar Net melaporkannya.

Di Lebanon, ulama Muslim Sunni Mufti Agung Sheikh Abdellatif Deryan juga mengonfirmasi Bulan Suci akan dimulai pada Selasa.

Awal Ramadhan ditentukan oleh perhitungan bulan dan penampakan fisik yang menentukan kapan satu bulan berakhir dan bulan lainnya dimulai.

Arab Saudi, penjaga dua situs paling suci dalam Islam, mengatakan, bulan sabit atau yang digunakan untuk menentukan awal bulan, tidak terlihat pada hari Ahad dan komite observasi akan bertemu lagi pada Senin malam.

Pandemi Covid-19 membuat banyak negara mayoritas Muslim telah memberlakukan pembatasan pada jamaah, termasuk jam malam, dan menyerukan agar shalat dilakukan di rumah. (T/RI-1/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.