Mesir Peringatkan Israel Jika Serang Rafah

Kamp pengungsi di Rafah, Gaza bagian selatan.(Foto: Al Jazeera)

Kairo, MINA – Mesir memperingatkan Israel jika melancarkan serangan militer ke Rafah, dengan menyatakan hal itu menimbulkan “risiko kemanusiaan ekstrim”.

Dalam pernyataan Kementerian Luar Negeri Mesir, Senin (6/5), menyatakan, serangan itu akan mengancam lebih dari satu juta warga Palestina yang tinggal di wilayah tersebut.

Mesir meminta Israel untuk “menahan diri sepenuhnya dan menghindari eskalasi lebih lanjut pada saat yang sangat sensitif ini selama negosiasi gencatan senjata,” Asharq melaporkannya.

Dia menekankan, Mesir masih terus melanjutkan kontaknya dengan para pihak untuk mencegah situasi menjadi lebih buruk atau tidak terkendali.

Dalam banyak kesempatan, Mesir memperingatkan Israel agar tidak menyerbu Rafah, yang merupakan tempat perlindungan terakhir bagi warga Palestina setelah Israel menginvasi hampir seluruh wilayah di jalur Gaza.

Baca Juga:  Al-Qassam Tewaskan 15 Tentara Zionis di Timur Rafah

Negara-negara Barat dan organisasi-organisasi kemanusiaan internasional juga mengungkapkan keprihatinan mereka mengenai persiapan Israel saat ini untuk invansi Rafah, yang menurut Tel Aviv adalah “benteng terakhir” gerakan Hamas.

Pekan lalu, Kepala Dinas Informasi Mesir, Diaa Rashwan, membantah bahwa Mesir telah mengadakan “perbincangan” dengan Israel mengenai rencana untuk menyerang Rafah.

Rashwan mengatakan, Mesir justru memperingatkan bahwa invasi tersebut akan menyebabkan “pembantaian, korban jiwa dalam jumlah besar, dan kehancuran yang meluas.”

“Kami dengan tegas menyangkal apa yang diterbitkan di salah satu surat kabar utama Amerika Serikat, mengklaim bahwa Mesir telah berunding dengan pihak Israel mengenai rencananya untuk merencanakan invasi ke Rafah,” ujarnya, mengacu pada Wall Street Journal.

Laporan tersebut mengatakan bahwa Israel sedang bersiap untuk mengevakuasi warga sipil dari Rafah ke kota Khan Yunis.

Baca Juga:  WHO: Tak Ada Pasokan Medis yang Diterima di Gaza Selama 10 hari

Rashwan menjelaskan, peringatan berulang kali dari Mesir telah sampai ke pihak Israel, dari semua saluran, sejak Israel mengusulkan gagasan untuk melakukan operasi militer di Rafah, karena perkiraan kerugian ini, selain dampak yang sangat negatif selanjutnya yaitu instabilitas seluruh wilayah.

Pada Senin (6/5), militer Israel melalui selebaran dari pesawat, memaksa warga sipil dan pengungsi Palestina untuk mengungsi di sebelah timur kota Rafah sebagai persiapan operasi militer di daerah itu.

Juru bicara militer Israel Avichai Adraee mengatakan, dalam sebuah postingan di platform X, bahwa penduduk Rafah timur harus segera pergi ke “wilayah kemanusiaan yang diperluas” di wilayah Al-Mawasi di Khan Yunis. []

Baca Juga:  Iran dan Negara Lain Walkout di Acara FIFA karena Kehadiran Israel

 

Mi’raj News Agency (MINA)