Mesut Ozil dan Palestina

Oleh Ali Farkhan Tsani, Redaktur Senior Kantor Berita MINA (Mi’raj News Agency)

Pesepakbola dunia berkebangsaan Jerman, berdarah Turki, Mesut Ozil, 34 tahun,  beberapa hari dalam bulan Mei 2022 ini berkunjung ke Indonesia.

Mantan pemain nasional Jerman serta club Real Madrid dan Arsenal yang kini bermain di Fenerbache, salah satu klub papan atas di Liga Turki, datang menyapa penggemarnya di tanah air. Banyak agendanya di sini yang diatur oleh sebuah perusahaan peralatan olahraga mitranya.

Ozil dalam agendanya berkunjung ke Stadion Utama Gelora Bung (SUGBK) pada Kamis (26/5/2022) sore.

Dia didampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, disambut hangat masyarakat Indonesia yang hadir di stadion.

Dia datang untuk memberikan pelatihan (coaching clinic) sepak bola kepada 47 anak-anak dan remaja.

Ozil sebagai seorang Muslim, melaksanakan shalat Jumat (27/5/2022) di Masjid Istiqlal kebanggaan bangsa Indonesia, didampingi Imam Besar Masjid Istiqlal Prof. Dr. Nasaruddin Umar.

Soal masjid ini, pemain sepakbola yang lama bergabung dengan Timnas Jerman, kelahiran 15 Oktober 1988, pernah juga pernah mempsoting ucapan selamat Ramadhan dengan latar belakang empat masjid. Salah satunya adalah Masjid Baiturrahman di Aceh, Indonesia.

Tiga masjid lainnya adalah Masjid Gerede Yeni Cami Turkey, Masjid Al-Aqsa Palestina, dan Masjid Ibnu Tulun Mesir.

Terkait dengan Palestina, suami Amine Gülşe wanita Miss World Turki 2014, itu juga pernah merilis di akun Twitter, saat bermain bersama Fenerbahce menjelang pertandingan melawan Sivasspor pada Selasa (11/5/2021).

Para pemain klub dari kota Istanbul tersebut, termasuk Ozil,  mengenakan kaus bertuliskan ‘Özgür Filistin!‘. Kaus berwarna hitam bergambar bendera Turki dan Palestina itu berarti “Bebaskan Palestina”.

Pada Hari Raya Idul Fitri tahun 2021 lalu, Ozil mengirimkan doa khusus untuk rakyat Palestina yang tidak dapat merayakan Idul Fitri dengan tenang dan damai.

Di antara komentar gelandang serang itu, “Idul Fitri untuk semua Muslim di penjuru dunia. Doa saya untuk mereka yang tidak bisa merayakan dengan damai hari ini. Doa saya untuk Anda, saudara dan saudari saya di Palestina.”

Pemenang Piala Dunia FIFA 2014 itu juga memposting foto dirinya dengan latar belakang Masjidil Aqsa Palestina. (A/RS2/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)