Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Meta Pecat Insinyur yang Perbaiki Pemblokiran Konten Palestina

Arina Islami - Kamis, 6 Juni 2024 - 09:31 WIB

Kamis, 6 Juni 2024 - 09:31 WIB

7 Views

Jakarta, MINA – Raksasa teknologi Meta telah memecat seorang insinyur karena mencoba memperbaiki bug yang menyebabkan pemblokiran postingan Instagram tentang Palestina.

Insinyur Palestina-Amerika, Ferras Hamad kemudian menyebut Meta bias menangani konten yang berkaitan dengan agresi di Gaza, mengutip Al Mayadeen di Jakarta, Kamis (6/6).

Hamad yang telah bekerja di Meta sejak 2021 itu kemudian mengajukan gugatan di pengadilan negara bagian California atas diskriminasi dan pemutusan hubungan kerja yang salah. Ia menuduh perusahaan tersebut bias terhadap warga Palestina.

Dia mengatakan, perusahaan tersebut bahkan menghapus komunikasi internal karyawan yang menyebutkan kematian kerabat mereka di Gaza dan melakukan penyelidikan terhadap penggunaan emoji bendera Palestina.

Baca Juga: Sandera Israel di Gaza Jadi Target Serangan Tel Aviv

Gugatan tersebut lebih lanjut menyatakan, belum pernah ada penyelidikan serupa yang dilakukan terhadap karyawan yang memasang emoji bendera Israel atau Ukraina dalam konteks serupa.

Hamad mencatat bahwa pemecatannya disebabkan oleh insiden pada bulan Desember mengenai prosedur darurat untuk memecahkan masalah parah pada platform, yang dikenal dalam Meta sebagai SEV.

Berdasarkan pengaduan dalam gugatan tersebut, Hamad melihat adanya kejanggalan dalam kebijakan SEV terkait pembatasan konten yang diposting oleh akun Instagram Palestina, seperti postingan yang dicegah untuk muncul di pencarian dan feed.

Salah satu contoh yang dikutip dalam pengaduan tersebut mengungkapkan bahwa Hamad menemukan sebuah video pendek yang diposting oleh jurnalis foto Palestina Motaz Azaiza yang diberi label yang salah sebagai konten dewasa meskipun yang dimasukkan hanyalah sebuah bangunan yang hancur di Gaza.

Baca Juga: Tentara Israel Hancurkan 25 km Jalan di Jenin

Hamad mengatakan Meta memberitahunya bahwa dia dipecat karena melanggar kebijakan yang melarang karyawan mengerjakan masalah dengan akun orang yang mereka kenal secara pribadi, merujuk pada Azaiza, yang menurut Hamad dia tidak memiliki hubungan pribadi dengan jurnalis foto itu.

Gugatan Hamad menambah daftar kritik terhadap praktik moderasi konten Meta, menimbulkan pertanyaan tentang bias dan komitmen perusahaan terhadap ketidakberpihakan dalam menangani topik sensitif politik.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Aktivis Wanita Israel Lempari Ben Gvir dengan Pasir

Rekomendasi untuk Anda

Dunia Islam
Palestina
Indonesia
Internasional
MINA Millenia
MINA Health
Asia
Indonesia
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) RI Hadi Tjahjanto (foto: Humas Kemenko Polhukam)
Indonesia