Mewaspadai Fitnah Dajjal

Oleh Bahron Ansori, jurnalis MINA

Di antara tanda benarnya iman seorang muslim adalah beriman kepada hari akhir. Hal ini telah disepakati menjadi bagian dari rukun iman yang enam. Hari kiamat memiliki tanda-tanda, ada tanda yang besar da nada tanda yang kecil.

Allah Taโ€™ala berfirman,

ุงู‚ู’ุชูŽุฑูŽุจูŽ ู„ูู„ู†ู‘ูŽุงุณู ุญูุณูŽุงุจูู‡ูู…ู’ ูˆูŽู‡ูู…ู’ ูููŠ ุบูŽูู’ู„ูŽุฉู ู…ูุนู’ุฑูุถููˆู†ูŽ

โ€œTelah dekat kepada manusia hari menghisab segala amalan mereka, sedang mereka berada dalam kelalaian lagi berpaling (daripadanya).โ€ (QS. Al-Anbiya: 1).

Firman-Nya yang lain,

ุฃูŽุชูŽู‰ ุฃูŽู…ู’ุฑู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ููŽู„ุงูŽ ุชูŽุณู’ุชูŽุนู’ุฌูู„ููˆู‡ู

โ€œTelah pasti datangnya ketetapan Allah maka janganlah kamu meminta agar disegerakan (datang)nyaโ€ฆโ€ (QS. An-Nahl: 1).

Dan juga firman-Nya,

ููŽู‡ูŽู„ู’ ูŠูŽู†ู’ุธูุฑููˆู†ูŽ ุฅูู„ุงู‘ูŽ ุงู„ุณู‘ูŽุงุนูŽุฉูŽ ุฃูŽู†ู’ ุชูŽุฃู’ุชููŠูŽู‡ูู…ู’ ุจูŽุบู’ุชูŽุฉู‹ ููŽู‚ูŽุฏู’ ุฌูŽุงุกูŽ ุฃูŽุดู’ุฑูŽุงุทูู‡ูŽุง

โ€œMaka tidaklah yang mereka tunggu-tunggu melainkan hari kiamat (yaitu) kedatangannya kepada mereka dengan tiba-tiba, karena sesungguhnya telah datang tanda-tandanya.โ€ (QS. Muhammad: 18).

Di antara tanda-tanda yang besar adalah keluarnya dan turunnya Nabi Isa โ€˜alaihis salam. Imam Muslim meriwayatkan dalam Shahihnya dari Hudzaifah al-Ghifari radhiallahu โ€˜anhu, ia berkata:

ุงุทู‘ูŽู„ูŽุนูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจูู‰ู‘ู -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ุนูŽู„ูŽูŠู’ู†ูŽุง ูˆูŽู†ูŽุญู’ู†ู ู†ูŽุชูŽุฐูŽุงูƒูŽุฑู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽุง ุชูŽุฐูŽุงูƒูŽุฑููˆู†ูŽ. ู‚ูŽุงู„ููˆุง ู†ูŽุฐู’ูƒูุฑู ุงู„ุณู‘ูŽุงุนูŽุฉูŽ. ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฅูู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ู„ูŽู†ู’ ุชูŽู‚ููˆู…ูŽ ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุชูŽุฑูŽูˆู’ู†ูŽ ู‚ูŽุจู’ู„ูŽู‡ูŽุง ุนูŽุดู’ุฑูŽ ุขูŠูŽุงุชู. ููŽุฐูŽูƒูŽุฑูŽ ุงู„ุฏู‘ูุฎูŽุงู†ูŽ ูˆูŽุงู„ุฏู‘ูŽุฌู‘ูŽุงู„ูŽ ูˆูŽุงู„ุฏู‘ูŽุงุจู‘ูŽุฉูŽ ูˆูŽุทูู„ููˆุนูŽ ุงู„ุดู‘ูŽู…ู’ุณู ู…ูู†ู’ ู…ูŽุบู’ุฑูุจูู‡ูŽุง ูˆูŽู†ูุฒููˆู„ูŽ ุนููŠุณูŽู‰ ุงุจู’ู†ู ู…ูŽุฑู’ูŠูŽู…ูŽ -ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…- ูˆูŽูŠูŽุฃู’ุฌููˆุฌูŽ ูˆูŽู…ูŽุฃู’ุฌููˆุฌูŽ ูˆูŽุซูŽู„ุงูŽุซูŽุฉูŽ ุฎูุณููˆูู ุฎูŽุณู’ููŒ ุจูุงู„ู’ู…ูŽุดู’ุฑูู‚ู ูˆูŽุฎูŽุณู’ููŒ ุจูุงู„ู’ู…ูŽุบู’ุฑูุจู ูˆูŽุฎูŽุณู’ููŒ ุจูุฌูŽุฒููŠุฑูŽุฉู ุงู„ู’ุนูŽุฑูŽุจู ูˆูŽุขุฎูุฑู ุฐูŽู„ููƒูŽ ู†ูŽุงุฑูŒ ุชูŽุฎู’ุฑูุฌู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ูŠูŽู…ูŽู†ู ุชูŽุทู’ุฑูุฏู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ู…ูŽุญู’ุดูŽุฑูู‡ูู…ู’.

โ€œNabi Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam memperhatikan kami ketika sedang berbincang-bincang. Nabi berkata, โ€œApa yang sedang kalian perbin-cangkan?โ€ Kami menjawab, โ€œKami sedang berbincang-bincang tentang hari kiamat.โ€

Nabi bersabda, โ€œTidak akan terjadi hari kiamat hingga kalian melihat sepuluh tanda.โ€ Lalu beliau menyebutkan, โ€œ(1) Dukhan (asap yang meliputi manusia), (2) Keluarnya Dajjal, (3) Daabah (binatang yang bisa berbicara), (4) terbitnya matahari dari barat, (5) turunnya โ€˜Isa bin Maryam โ€˜alaihimassalam, (6) keluarnya Yaโ€™juj dan Maโ€™juj, (7,8,9) terjadinya tiga longsor besar yaitu di timur, di barat dan di jazirah Arab, yang terakhir adalah (10) keluarnya api dari Yaman yang menggiring manusia ke tempat berkumpulnya merekaโ€.โ€

Kaum beriman harus selalu ingat dan diingatkan akan datangnya Dajjal sebagaimana Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam pun sering mengingatkan para sahabatnya tentang Dajjal. Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam bersabda,

ู„ุงูŽ ูŠูŽุฎู’ุฑูุฌู ุงู„ุฏู‘ูŽุฌู‘ูŽุงู„ู ุญูŽุชู‘ูŽู‰ ูŠูŽุฐู’ู‡ูŽู„ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ุนูŽู†ู’ ุฐููƒู’ุฑูู‡ู ูˆูŽุญูŽุชู‘ูŽู‰ ุชูŽุชู’ุฑููƒูŽ ุงู„ุฃูŽุฆูู…ู‘ูŽุฉู ุฐููƒู’ุฑูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ู…ูŽู†ูŽุงุจูุฑู

โ€œDajjal tidak akan keluar sehingga manusia lupa mengi-ngatnya dan para imam (khotib) tidak menyampaikan tentangnya di atas mimbar.โ€ (HR. Abdullah bin Ahmad).

Ada bebrapa hadis tentang Dajjal ini. Di antara ulama yang mengumpulkan hadis-hadis tentang Dajjal adalah Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani. Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam bersabda,

ูŠูŽุง ุฃูŽูŠู‘ูู‡ูŽุง ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ! ุฅูู†ู‘ูŽู‡ูŽุง ู„ูŽู…ู’ ุชูŽูƒูู†ู’ ููุชู’ู†ูŽุฉู‹ ุนูŽู„ูŽู‰ ูˆูŽุฌู’ู‡ู ุงู„ุฃูŽุฑู’ุถู ู…ูู†ู’ุฐู ุฐูŽุฑูŽุฃูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุฐูุฑู‘ููŠูŽุฉูŽ ุขุฏูŽู…ูŽ ุฃูŽุนู’ุธูŽู…ู ู…ูู†ู’ ููุชู’ู†ูŽุฉู ุงู„ุฏู‘ูŽุฌู‘ูŽุงู„ู ูˆูŽ ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‡ูŽ ุนูŽุฒู‘ูŽ ูˆูŽ ุฌูŽู„ู‘ูŽ ู„ูŽู…ู’ ูŠูุจู’ุนูŽุซู’ ู†ูŽุจููŠู‘ู‹ุง ุฅูู„ู‘ูŽุง ุญูŽุฐูŽุฑูŽ ุฃูู…ู‘ูŽุชูŽู‡ู ุงู„ุฏู‘ูŽุฌู‘ูŽุงู„ูŽ ูˆูŽ ุฃูŽู†ูŽุง ุขุฎูุฑู ุงู„ุฃูŽู†ู’ุจููŠูŽุงุกู ูˆูŽ ุฃูŽู†ู’ุชูู…ู’ ุขุฎูุฑู ุงู„ุฃูู…ูŽู…ู ูˆูŽ ู‡ููˆูŽ ุฎูŽุงุฑูุฌูŒ ูููŠู’ูƒูู…ู’ ู„ูŽุง ู…ูŽุญูŽุงู„ูŽุฉูŽ

โ€œWahai sekalian manusia, sungguh tidak ada fitnah yang lebih besar dari fitnah Dajjal di muka bumi ini semenjak Allah menciptakan anak cucu Adam. Tidak ada satu Nabi pun yang diutus oleh Allah melainkan ia akan memperi-ngatkan kepada umatnya mengenai fitnah Dajjal. Sedangkan Aku adalah Nabi yang paling terakhir dan kalian juga ummat yang paling terakhir, maka tidak dapat dipungkiri lagi bahwa Dajjal akan muncul di tengah-tengah kalian.โ€ (Dikeluarkan dalam Shahih Al Jaamiโ€™ Ash Shoghir no. 13833. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Diriwayatkan dari โ€˜Umar radhyallahu anhu, bahwasanya Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam bersabda:

ุจูŽูŠู’ู†ูŽุง ุฃูŽู†ูŽุง ู†ูŽุงุฆูู…ูŒ ุฃูŽุทููˆู’ูู ุจูุงู„ู’ุจูŽูŠู’ุชูโ€ฆ (ููŽุฐูŽูƒูŽุฑูŽ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุฑูŽุฃูŽู‰ ุนููŠู’ุณูŽู‰ ุจู’ู†ูŽ ู…ูŽุฑู’ูŠูŽู…ูŽ ุŒ ุซูู…ู‘ูŽ ุฑูŽุฃูŽู‰ ุงู„ุฏู‘ูŽุฌู‘ูŽุงู„ูŽุŒ ููŽูˆูŽุตูŽููŽู‡ูุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ:) ููŽุฅูุฐูŽุง ุฑูŽุฌูู„ูŒ ุฌูŽุณููŠู’ู€ู…ูŒุŒ ุฃูŽุญู’ู…ูŽุฑูุŒ ุฌูŽุนู’ุฏู ุงู„ุฑู‘ูŽุฃู’ุณูุŒ ุฃูŽุนู’ูˆูŽุฑู ุงู„ู’ุนูŽูŠูู†ูุŒ ูƒูŽุฃูŽู†ู‘ูŽ ุนูŽูŠู’ู†ูŽู‡ู ุนูู†ูŽุจูŽุฉูŒ ุทูŽุงููุฆูŽุฉูŒุ› ู‚ูŽุงู„ููˆู’ุง: ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ุฏู‘ูŽุฌู‘ูŽุงู„ู ุฃูŽู‚ู’ุฑูŽุจู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุณู ุจูู‡ู ุดูŽุจูŽู‡ู‹ุง ุงูุจู’ู†ู ู‚ูŽุทูŽู†ูุŒ ุฑูŽุฌูู„ูŒ ู…ูู†ู’ ุฎูุฒูŽุงุนูŽุฉูŽ.

โ€œKetika aku sedang tidur, aku (bermimpi) melakukan thawaf di sekeliling Kaโ€™bahโ€ฆ.โ€ (Kemudian beliau menuturkan bahwa beliau melihat Nabi Isa โ€˜alaihissalam, lalu melihat Dajjal lalu menggambarkan ciri fisiknya, beliau berkata), โ€œTiba-tiba saja ada seorang laki-laki dengan badan yang besar, merah (kulitnya), rambutnya keriting, matanya buta sebelah, seolah-olah matanya adalah buah anggur yang menonjol.โ€ Mereka (para sahabat) berkata, โ€œOrang yang paling mirip dengan Dajjal ini adalah Ibnu Quthn, seorang laki-laki dari Khuzaโ€™ah.โ€ (HR. Bukhari dan Muslim).

Ibnu Quthn adalah salah seorang dari kabilah Khuzaโ€™ah yang wafat pada masa jahiliyah.

Diriwayatkan dari Umar radhiallahu anhu, bahwasanya Rasulullah Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam menceritakan Dajjal di tengah-tengah sahabatnya, beliau bersabda,

ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‡ูŽ ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰ ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุจูุฃูŽุนู’ูˆูŽุฑูŽุŒ ุฃูŽู„ุงูŽ ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู’ู…ูŽุณููŠู’ุญูŽ ุงู„ุฏู‘ูŽุฌู‘ูŽุงู„ูŽ ย ุฃูŽุนู’ูˆูŽุฑู ย ุงู„ู’ุนูŽูŠู’ู†ู

ุงู„ู’ูŠูู…ู’ู†ูŽู‰ุ› ูƒูŽุฃูŽู†ู‘ูŽ ุนูŽูŠู’ู†ูŽู‡ู ุนูู†ูŽุจูŽุฉูŒ ุทูŽุงูููŠูŽุฉูŒ.

โ€œSesungguhnya Allah Taโ€™ala tidak buta sebelah, dan ketahuilah sesungguhnya al-Masih Dajjal adalah buta mata sebelah kanannya. Matanya bagaikan anggur yang menonjol.โ€ (HR. Bukhari dan Muslim).

Dijelaskan dalam hadis an-Nawwas bin Samโ€™an radhiallahu anhu, Nabi Shallallahu โ€˜Alaihi Wasallam bersabda ketika mensifati Dajjal:

ุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ุดูŽุงุจู‘ูŒุŒ ู‚ูŽุทูŽุทูŒุŒ ุนูŽูŠู’ู†ูู‡ู ุทูŽุงูููŠูŽุฉูŒุŒ ูƒูŽุฃูŽู†ูู‘ูŠ ุฃูุดูŽุจูู‘ู‡ูู‡ู ุจูุนูŽุจู’ุฏู ุงู„ู’ุนูุฒู‘ูŽู‰ ุจู’ู†ู ู‚ูŽุทูŽู†ู.

โ€œSesungguhnya dia adalah seorang pemuda, rambutnya sangat keriting, matanya menonjol, seolah-olah aku sedang menyerupakannya dengan โ€˜Abdul โ€˜Uzza bin Quthn.โ€ (HR. Muslim).

Semoga Allah Taโ€™ala melindungi dan menjaga kaum beriman dari kalangan umat Islam ini terhadap fitnah Dajjal, wallahuaโ€™lam. (A/RS3/RS2)

Miโ€™raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.