MHQ 30 Juz Antarpesantren Tahfidz Indonesia Ditutup di Masjid Istiqlal

Juara 30 Juz Juara pertama Muhammad Adrian Hidayat (tengah), kedua Wildan Hasani (kiri), dan juara tiga Ahmad Bukhari Jawaz (kanan). (Foto: Royhanul Iman/MINA)

Jakarta, MINA – Musabaqoh Hifzil Quran (MHQ) 30 Juz yang digelar atas kerja sama Liga Tahfidz Dunia dengan Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfidz Daarul Qur’an Tangerang telah selesai dengan ditandai pembagian hadiah di Jakarta, Selasa (15/8).

Perwakilan Liga Tahfidz Dunia di Indonesia sekaligus perintis Pondok Pesantren Tahfidz Daarul Quran Ustaz Yusuf Mansur mengatakan, MHQ ini diikuti puluhan peserta dari pondok pesantren tahfidz seluruh Indonesia. Para pemenang lomba ini juga akan dilibatkan dalam skala internasional.

“Acara ini diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai pesantren di Indonesia, dan insya Allah dari sini juga kita akan kirimkan para juara ke musabaqah yang sifatnya internasional,” kata Yusuf kepada Mi’raj News Agency (MINA) di Jakarta, Selasa (15/8).

Ia menambahkan, meski lomba ini skala nasional, tapi bisa dibilang sekelas internasional, sebab juri yang menilai berasal dari Arab Saudi langsung, peserta berlomba menunjukan hafalan terbaiknya dari 30 Juz yang dihafal.

“Semoga setelah ini makin banyak acara seperti ini yang berskala Internasional, yang penting ini juga bisa meningkatkan rasa cinta masyarakat kepada Al-Quran,” ujarnya.

MHQ 30 Juz ini mulai diselenggarakan di Pondok Pesantren Tahfidz Daarul Quran Ketapang, Tangerang, Banten pada 13 Agustus 2017 lalu, dan acara penutupannya dilakukan di Masjid Istiqlal Jakarta, Selasa 15 Agustus 2017.

Muhammad Adrian Hidayat dari dari Pondok Pesantren Abdullah bin Masud meraih juara satu, mendapat hadiah umroh dan uang tunai sebesar 5 juta rupiah. Sedangkan juara kedua diraih oleh Wildan Hasani dari Pesantren Daarul Quran mendapat hadiah 15 juta, juara ketiga diraih Ahmad Bukhari Jawaz dari Pesantren Riyadh Alsahin dengan hadiah 10 juta rupiah.

Peserta MHQ 30 Juz ini sebanyak 37 orang dari 37 pesantren seluruh Indonesia. Dalam acara penutupan dihadiri oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, duta besar negara sahabat, Imam Besar Masjid Istiqlal, dan Perwakilan dari Liga Muslim Dunia dan Liga Tahfidz Dunia. (L/R08/R01)

 

Mi’raj News Agency (MINA)