Mie Gacoan Minta Penjelasan MUI Soal Halal

Jakarta, MINA – Perwakilan bersilaturahim atau tabayyun ke Majelis Ulama Indonesia (MUI). Silaturahim tersebut diterima Ketua MUI Bidang Fatwa, Prof KH Asrorun Niam Sholeh di Gedung MUI, Jakarta, Jumat (10/2).

Ia juga mengatakan, silaturahim dengan Mie Gacoan dilakukan seiring dengan langkah jaminan halal atas produk yang diproduksi, juga pertanyaan dari masyarakat mengenai isu halal haram produk itu.

“Hari ini kita berdiskusi kemudian klarifikasi sekaligus juga ikhtiar untuk sertifikasi halal terhadap produk yang dibuat dan diproduksi Mie Gacoan,” kata kiai Naim.

“Alhamdulillah tadi sudah dilaksanakan diskusi secara mendalam diperoleh penjelasan yang selama ini masih simpang siur di masyarakat serta ada kesepahaman untuk mengakselesari proses sertifikasi halal terhadap produk dari mie gacoan ini,” kata kiai Niam.

Kiai Niam menjelaskan, ada dua hal yang krusial dalam pertemuan ini yaitu pertama sertifikasi halal terhadap manufacturing dari Mie Gacoan di bumbu, minyak untuk kepentingan masak.

“Serta bahan-bahan yang dari daging ini sudah dibahas sudah ditetapkan kehalalannya di MUI dan juga sudah dikeluarkan sertifikat halal,” imbuhnya.

“Setelah itu tahapan berikutnya adalah sertifikasi resto-nya, tadi diperoleh penjelasan dari pihak manajemen untuk segera mendaftarkan dan hari ini dijelaskan sedang konsolidasi internal untuk penyiapan sertifikasi halal,” kata kiai Niam.

Tetapi menurutnya secara subtansi, seluruh raw matrial untuk kepentingan produksi menu-menu Mie Gacoan sudah memperoleh sertifikat halal. (L/R4/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

 

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.