Militan ISIS di Desa Baghouz Dikepung dari Segala Sisi

Deir Ez-Zor, MINA – Para militan kelompok Islamic State (ISIS) yang berada di benteng terakhir di Suriah, di desa Baghouz, kota Deir Ez-Zor, dikepung dari segala sisi hingga Jumat (8/3).

Militan ISIS sebelumnya berhasil mengamankan jalan keluar dari bekas benteng mereka sebelum Pasukan Demokrat Suriah (SDF) yang didukung Amerika Serikat merebut kembali wilayah itu.

Militan ISIS yang tersisa di Baghouz sekarang dikepung oleh pasukan pemerintah Suriah dan sekutunya di tepi barat Sungai Eufrat, menghalangi setiap pelarian yang melintasi sungai. Sementara pasukan pemerintah Irak mencegah setiap langkah yang menuju hilir, demikian Nahar Net melaporkan.

Seorang perwira senior SDF Rabu lalu mengatakan, sebanyak 400 militan ISIS ditangkap pada Selasa malam ketika mereka berusaha keluar dari Baghouz. Mereka berencana pergi menyelinap ke tempat persembunyian terpencil.

Menurut lembaga pemantau Observatorium Suriah untuk HAM, sekitar sepersepuluh dari hampir 58.000 orang yang telah melarikan diri dari benteng terakhir ISIS sejak Desember lalu, adalah pejuang ISIS yang mencoba untuk kembali ke kehidupan sipil.

Mereka muncul menjadi sorotan media internasional untuk pertama kalinya. (T/RI-1/B05)

Mi’raj News Agency (MINA)