Militer Turki Serang ISIS di Suriah Utara

Ankara, 25 Sya’ban 1437/2 Juni 2016 (MINA) – telah menembak posisi kelompok Islamic State (/Daesh) di , menewaskan lima militan.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan oleh Staf Umum Turki pada Kamis (2/6), pasukan Turki menghantam dua sasaran posisi ISIS di Esh-Sheikh dan Yahmoul pada Rabu, demikian Anadolu Agency memberitakan yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA).

Pada akhir Mei lalu, lembaga medis Dokter Lintas Batas (MSF) melaporkan bahwa lebih dari 100.000 warga Suriah terjebak di dekat perbatasan Turki di provinsi Aleppo, ketika pasukan ISIS semakin maju mendekat.

Relawan medis Dokter Tanpa Batas (MSF) mengevakuasi sebagian besar staf dan pasiennya dari rumah sakit Al-Salamah, fasilitas medis terbesar organisasi di Suriah, dekat kota Azaz pada pada Jumat karena ISIS mendekat.

Pablo Marco, Manajer Operasi MSF untuk Timur Tengah mengungkapkan, dalam beberapa bulan terakhir, garis depan pertempuran berjarak tujuh kilometer jauhnya dari rumah sakit, tapi kini hanya tiga kilometer.

“Tidak ada tempat bagi orang untuk melarikan diri saat pertempuran semakin dekat,” katanya.

Turki telah menutup perbatasannya untuk semua pengungsi, kecuali yang terluka parah di Suriah.

ISIS telah mencoba bergerak maju ke arah kota Marea dan Azaz selama berbulan-bulan.

Kedua kota jatuh ke tangan pasukan oposisi Suriah pada 2012 dan menjadi penghentian penting di sepanjang rute pasokan oposisi dari Turki. (T/P001/P4)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)