Mitch Evans Antusias Ikuti Balap Dua Seri di Jakarta E Prix 2023

(Foto: Abdullah/MINA)

Jakarta, MINA – Pembalap asal Inggris,   mengaku antusias untuk mengikuti ajang dalam pada 3-4 Juni mendatang.

Balapan mobil balap listrik dunia kali ini akan dilakukan dua seri (double header) di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta Utara.

Menurut pembalap yang pada tahun lalu berhasil menjuarai Formula E Jakarta 2022, double header dapat membantunya memperbaiki performa.

“Kalau hari pertama kurang, bisa diperbaiki keesokan harinya,” kata Evans saat konferensi pers yang digelar di Walking Drums, Ancol, Jakarta Utara, Kamis (1/6).

Berbagai strategi dan persiapan dilakukan oleh masing-masing tim agar dapat mendulang poin di papan klasemen Formula E 2023.

Salah satunya adalah Mitch Evans yang pada tahun lalu berhasil menjuarai Formula E Jakarta. Persaingan yang ketat pada seri ini dengan menggunakan mobil balap generasi 3 Formula E membuat Evan harus berkonsentrasi untuk dapat kembali mempertahankan prestasinya di sirkuit E Prix Jakarta.

Menurut Evan, salah satu tantangan dalam seri Jakarta yang merupakan seri 5 Formula E 2023 adalah mengalahkan panasnya suhu kota Jakarta.

“Hal ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu, di mana suhu yang lebih panas dari negara lain menjadi tantangan dalam menghadapi balapan,” ujar Evans yang berada di posisi 4 klasemen sementara Formula E 2023.

Evan menjelaskan bahwa seri Jakarta juga merupakan kesempatannya untuk mengejar ketertinggalan setelah seri Monaco lalu.

Bekal sebagai juara di tahun lalu membuatnya begitu percaya diri menghadapi seri yang dibungkus dengan Formula E Unplagged.

“Sebenarnya dengan mobil generasi 3, tidak begitu jauh berbeda dengan mobil generasi sebelumnya, meskipun performanya lebih baik,” kata Evans.

Menurutnya, hal yang sangat menjadi konsentrasi kami adalah bagaimana memaksimalkan penggunaan ban. Hal ini terkait dengan kondisi suhu yang sangat panas, sehingga akan mempengaruhi suhu lintasan.

Terkait dengan performa baterai dalam kondisi suhu yang panas tersebut, menurut Evan tidak begitu berpengaruh karena tim telah menyiapkan segala sesuatunya sehingga dirinya dapat bersaing dengan tenang dalam menghadapi balapan.

“Dengan suhu setinggi ini, manajemen ban menjadi kunci dalam balapan kali ini, jika saya dapat mengatur penggunaan ban maka saya optimis dapat kembali menjuarai seri Jakarta,” ucap Evans.

Selain mempersiapkan strategi dalam mengejar ketertinggalan di papan klasemen Formula E 2023, Evan juga menyebutkan akan mempersiapkan beberapa perangkat untuk menjaga suhu tubuh karena akan sangat mempengaruhi emosi saat berada di balik setir. (L/R11/R1)

Mi’raj News Agency (MINA)