Moh Salah Cetak Hattrick, Persembahkan Gol untuk Zakaria

Liverpool, MINA – Striker Muslim asal Mesir, Mohamed Salah, mencetak hattrick saat menjamu Leeds United di Stadion Anfield, Sabtu (12/9). Dia pun merayakan golnya dengan memberikan penghormatan pada mantan rekan satu timnya di Mesir, Moamen Zakaria.

Penghormatan diberikan pada Zakaria yang mengidap Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS) yang menyerang otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit tersebut adalah gangguan syaraf yang menyebabkan kelumpuhan.

Hattrick dari Mohamed Salah berujung pada kemenangan 4-3 Liverpool atas Leeds United, laga pekan pertama Liga primer Inggris yang digelar di Stadion Anfield. Demikian dalam keterangan tertulis yang dikutip MINA, Ahad (13/9).

Salah mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke 4′, 33′, dan 88′. Dirinya menduplikasi selebrasi sekaligus memberi penghormatan kepada sang kompatriot, Moamen Zakaria.

Zakaria terakhir kali bermain untuk klub Ohod sebelum didiagnosa mengidap ALS pada 2020. Di level internasional, penyerang berumur 32 tahun itu bermain bersama Salah di timnas Mesir sejak 2014.

Dilansir dari media Mesir, Liverpool Echo, Mohamed Adam mengungkapkan hubungan keduanya.

“Banyak media Mesir membicarakan hal ini. Zakaria adalah teman Salah dan semua orang di dunia sepak bola Mesir merasakannya,” katanya.

Zakaria yang merupakan pemain Al Ahly kini tengah terbaring tak berdaya selama setahun, karena penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS). Penyakit ini menyerang sel saraf di otak dan sumsum tulang belakang, sehingga membuat Zakaria tidak bisa bermain bola lagi.

Selebrasi tersebut adalah trademark Zakaria yang sudah absen dari lapangan hijau sejak Desember 2018. Tak cuma Salah, rekan-rekan setim Zakaria di Al Ahly juga menirukan selebrasi itu saat menang 3-0 atas Ismaily di Liga Mesir akhir pekan ini. (R/R11/RS2)

Mi’raj News Agency (MINA)