Mohamed Salah Jadi Pemain Terbaik Afrika Dua Tahun Berturut-turut

Dakar, MINA – Pemain bintang sepakbola asal Mesir Mohamed Salah dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Afrika Tahun 2018. Dia berhasil mempertahankan gelar tersebut untuk tahun kedua berturut-turut.

Dia mengalahkan rekan satu timnya di Liverpool Sadio Mane dari Senegal dan striker Arsenal asal Gabon Pierre-Emerick Aubameyang.

Pesepakbola bintang Muslim itu menerima penghargaan pada acara malam penganugerahan di Dakar, Senegal, Selasa malam (8/1), demikian keterangan pers yang dikutip MINA, Rabu.

“Saya tidak percaya ini sudah setahun sejak saya terakhir di panggung ini. Saya selalu mengatakan penghargaan ini untuk saya sangat besar. Saya menyukainya, karena saya melihatnya ketika saya masih muda. Saya memiliki impian untuk menang suatu hari. Jadi sekarang saya telah memenangkannya dua kali. Saya sangat bangga,” kata Salah pada malam penganugerahan.

“Saya harus berterima kasih kepada keluarga saya, rekan satu tim, penggemar, dan semua orang yang memainkan peran dalam karier saya untuk mewujudkan hal itu hari ini. Saya ingin mendedikasikan penghargaan ini untuk negara saya, Mesir,” tambahnya.

Salah termasuk dalam daftar 11 nama pemain yang masuk ke starting XI terbaik Afrika tahun 2018 bersama lima pemain bintang Muslim lainnya, termasuk Mane dan Naby Keita.

Penghargaan tahunan diputuskan oleh panel pemilihan yang terdiri dari pelatih dan kapten tim nasional, ditambah sejumlah pejabat dan awak media.

Melihat sejarahnya, gelar Pemain Terbaik Afrika pada awalnya dianugerahkan oleh France Football kepada para pemain Afrika yang tampil di Eropa sejak 1974 hingga 1994. Namun sejak 1995, gelar Pemain Terbaik Afrika bukan lagi diberikan oleh France Football, tetapi oleh Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF).

Penyerang andalan Liverpool itu berhasil memenangkan Sepatu Emas pada Liga Premier Inggris musim 2017-18 setelah mencetak 32 gol dalam 36 penampilan untuk klub, mencetak rekor gol terbanyak yang dicetak oleh pemain di era liga modern.

Dia juga berhasil mencetak total gol 44 kali selama musim 2017-18 di mana dia membantu klubnya mencapai final Liga Champions, sebelum kemudian mencetak dua gol di Piala Dunia musim panas lalu.

Sebanyak 16 gol lagi dalam 29 penampilan di semua kompetisi untuk Liverpool telah diikuti sejauh musim ini, sementara Salah juga berkontribusi menyumbangkan empat gol dalam tiga pertandingan kualifikasi Piala Afrika untuk negaranya pada tahun 2018.

Penampilan pemain berusia 26 tahun itu sepanjang tahun juga membuatnya mempertahankan gelar Pemain Terbaik Afrika BBC dan menempati posisi keenam di klasemen Ballon d’Or.

Mohamed Salah adalah orang Mesir kedua yang memenangkan penghargaan setelah keberhasilan Mahmoud Al Khatib meraih penghargaan bergengsi pemain sepak bola Afrika pada 1983.(T/R01/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)