MTs Al-Fatah Sukabumi Raih Nilai Tertinggi UNBK 2019

Sukabumi, MINA – MTs Al-Fatah Sukabumi meraih nilai tertinggi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2019 se-Kota Sukabumi, Jawa Barat.

Menurut Nana Suryana, Kabid Kurikulum MTs Al-Fatah Sukabumi, madrasahnya juga menempatkan empat siswanya dalam deretan sepuluh besar peraih nilai tertinggi perorangan.

Mereka adalah Muhamad Aril (peringkat 1), Rizky Abdurrozaq (peringkat 2), Fadhlan Dzikrullah (peringkat 6) dan Sayid Saabiq Al Haq (peringkat 7).

Muhamad Aril, peringkat pertama, meraih nilai Bahasa Indonesia 92, Bahasa Inggris 96, Matematika 87,5 dan IPA 72,5, dengan jumlah jumlah 348,0.

Rizky Abdurrozzaq, peringkat kedua dengan raihan nilai Bahasa Indonesia 84, Bahasa Inggris 60, Matematika 85 dan IPA 72,5, dengan jumlah 301,5.

Fadhalan Dzikrullah, peringkat keenam dengan hasil nilia Bahasa Indonesia 86, Bahasa Inggris 80, Matematika 75, dan IPA 55, dengan jumlah 296.

Sedangkan, Sayyid Saabiq Al Haq, peringkat ketujuh, dengan nilai Bahasa Indonesia 84, Bahasa Inggris 64, Matematika 65 dan IPA 82,5, dengan jumlah 295,5.

Menurut Nana, di antara kiat sukses yang diterapkan madrasahnya adalah menanamkan kejujuran dalam ujian, tanpa harapan contekan dari teman.

“Kita selalu motivasi belajar, dan nilai menjadi tanggung jawab pada diri sendiri, tentukan target sendiri, guru hanya memfasilitasi untuk masalah materi yang belum dipahami,” ujarnya.

Pihak lembaga juga menerapkan pendekatan keakraban antara siswa dan guru dalam proses belajar mengajar.

“Kami juga wajibkan siswa bertanya pada setiap pertemuan belajar, untuk membiasakan berpikir kritis,” lanjutnya.

Pihak madrasah juga motivasi hadiah bagi siswa yang berhasil meraih nilai minimal 80.

Tahun ini misalnya, ada 15 siswa dari 19 siswa yang menanti hadiah dari guru mata pelajaran, ujar guru Akidah Akhlak itu.

“Selamat menempuh pendidikan yang lebih tinggi. Salam selamat sukses sampai surga,” imbuhnya. (T/RS2/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)