MTsN 1 Parigi Jadi Madrasah Favorit

Sausu, MINA – Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Parigi, Sulawesi Tengah, menjadi salah satu madrasah favorit di Parigi, sehingga banyak siswa/i yang daftar dari daerah lain.

Hal ini semakin efektif setelah adanya asrama siswa. Demikian keterangan yang diterima MINA Sabtu, (9/1).

Kepala MTs N 1 Parigi Sunarti Muhammad mengatakan, tahun 2019, madrasahnya mendapat bantuan pembangunan dengan skema pembiayaan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Anggaran sebesar Rp3,7miliar digunakan untuk membangun gedung asrama siswa dengan luas 346 m2. Gedung ini juga dilengkapi fasilitas dan pembelajaran yang memadai sehingga peserta didik nyaman saat belajar dan melakukan berbagai aktivitas di dalamnya.

“Ada juga ruang pembina dan penjaga guna menjaga keamanan asrama peserta didik selama beristirahat dimalam hari,” katanya di Parigi.

“Asrama ini juga dilengkapi dengan aula/ruang pertemuan sehingga dapat digunakan pihak madrasah untuk kegiatan seperti rapat atau pertemuan lainnya,” sambungnya.

Menurutnya, pembangunan asrama memudahkan para guru untuk membina dan mendidik siswa secara intensif.

Masyarakat sekitar untuk menyekolahkan putra-putrinya di madrasah tersebut juga semakin besar. Asrama menjadi magnet dan simbol tersendiri bagi SBSN MTs Negeri 1 Parigi.

“Asrama digunakan untuk penguatan pembelajaran, baik agama maupun umum. Asrama menjadi ruang menggembleng bibit-bibit siswa berprestasi dalam beragam perlombaan, lokal maupun nasional,” ujarnya

Selain itu, asrama juga menjadi fasilitas bagi peserta didik yang jarak rumahnya sangat jauh. (R/SH/R1)

 

Mi’raj News Agency (MINA)