Muamalat Kembangkan Sayap Bisnis Syariah ke Madura

Sumenep, MINA – Bank Indonesia melebarkan sayap ke pulau Madura dengan membuka kantor cabang di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Hal ini merupakan jaringan pertama Bank Muamalat di pulau tersebut.

Peresmian pengoperasian Kantor Cabang Pembantu (KCP) Sumenep dilaksanakan pada Kamis, (8/11) oleh Direktur Retail Bank Muamalat Purnomo B. Soetadi. Wakil Bupati Sumenep Ahmad Fauzi turut hadir dalam peresmian tersebut.

Purnomo mengatakan, kantor cabang baru ini merupakan relokasi dari KCP di kawasan Mulyosari, Surabaya. Sumenep dipilih karena memiliki potensi besar khususnya untuk pengembangan bisnis perbankan syariah.

“Ekspansi ke Pulau Madura merupakan salah satu poin dalam Rencana Bisnis Bank (RBB) 2018. Kami memilih Sumenep karena perekonomian di daerah ini tengah berkembang dan menyimpan potensi bisnis perbankan syariah yang besar,” katanya.

Dia menerangkan, segmen bisnis yang berpeluang untuk digarap antara lain layanan haji dan umroh, kerjasama lembaga pendidikan, serta usaha-usaha berbasis komoditas hasil laut.

Untuk diketahui, pendaftar haji di Sumenep tercatat cukup besar yakni rata-rata 3000 orang per tahun. Pendaftar haji merupakan nasabah potensial untuk meningkatkan porsi dana murah perseroan. Nasabah potensial lain yakni pondok pesantren yang berjumlah 18, sekolah Islam, universitas dan instansi pemerintah.

“Kehadiran Bank Muamalat di Sumenep sekaligus untuk mendukung program Pemda Sumenep dalam pemberdayaan ekonomi dan pengembangan ekonomi syariah,” imbuhnya.

Akses transportasi ke Sumenep dari Jawa Timur juga semakin mudah. Selain jalur darat melalui jembatan Suramadu, Sumenep juga bisa diakses via udara melalui rute penerbangan Bandara Juanda, Surabaya-Bandara Trunojoyo, Sumenep.

Di samping peresmian cabang, Baitul Mal Muamalat (BMM) juga memberikan bantuan dana kepada beberapa pesantren dan organisasi Islam di Sumenep. Total dana yang diberikan senilai Rp100 juta.

Pada kesempatan yang sama, Bank Muamalat juga menggelar costumer gathering nasabah prioritas di Surabaya. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan loyalitas nasabah sekaligus memperkenalkan kampanye Ayo Hijrah yang tengah digaungkan perseroan. (R/R03/RS3)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Admin

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.