Muhammadiyah Apresiasi KTT OKI, Tegaskan Gencatan Senjata

Jakarta, MINA – Pimpinan Pusat melalui Lembaga Hubungan dan Kerjasama Internasional (LHKI) memberikan pernyataan berupa apresiasi positif Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerjasama Islam (OKI) dan Liga Arab yang berlangsung di Riyadh, Arab Saudi pada 11 November 2023.

Pernyataan terutama menegaskan gencatan senjata agar bantuan kemanusiaan dapat segera tersalurkan kepada rakyat Palestina di Jalur Gaza.

Dalam Pernyataan Pers yang ditandatangani oleh Ketua dan Sekretaris LHKI PP Muhammadiyah, Dr. Imam Addaruqutni dan Yayah Khisbiyah,MA. pada Senin (13/11) di Jakarta, disebutkan tujuh poin utama, yaitu :

Pertama, Apresiasi Terhadap Inisiatif OKI dan Liga Arab

Muhammadiyah menyampaikan penghargaan terhadap inisiatif OKI dan Liga Arab yang menyelenggarakan KTT Gabungan Luar Biasa. Tuan rumah, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, diapresiasi atas kepemimpinan yang penuh tanggung jawab dan mendengarkan aspirasi peserta KTT.

Baca Juga:  Khutbah Jumat: Menghayati Makna Ibadah  

Kedua, Syukuran atas Adanya Keputusan Bersama

Muhammadiyah menyatakan syukur atas dicapainya 31 butir keputusan KTT Gabungan Luar Biasa yang mencerminkan kesepakatan bersama para pemimpin negara anggota OKI dan Liga Arab. Keputusan tersebut mencakup keprihatinan, kekecewaan, kemarahan, dan komitmen untuk langkah-langkah tindak lanjut guna menghentikan perang dan mencapai penyelesaian damai.

Ketiga, Pentingnya Gencatan Senjata dan Bantuan Kemanusiaan

LHKI PP Muhammadiyah menegaskan perlunya gencatan senjata agar bantuan kemanusiaan dapat segera tersalurkan kepada rakyat Palestina di Jalur Gaza yang sangat membutuhkannya. Mereka mengumumkan bahwa Muhammadiyah telah mengirim bantuan senilai Rp 45 miliar sebagai upaya konkret.

Keempat, Dukungan terhadap Penegasan Kecaman Terhadap Standar Ganda

Muhammadiyah mendukung penegasan kecaman terhadap standar ganda penerapan hukum internasional yang diterapkan oleh negara-negara pendukung Israel. Sikap semacam itu dianggap dapat merusak multilateralisme dan tatanan damai internasional.

Baca Juga:  Abaikan Blinken, Hamas Pelajari Proposal Gencatan Senjata Israel

Kelima, Dorongan terhadap Proses Hukum terhadap Israel

LHKI PP Muhammadiyah mendukung kesepakatan untuk segera memproses secara hukum kejahatan kriminal yang dilakukan oleh penjajah Israel, baik di International Criminal Court (ICC) maupun International Court of Justice (ICJ).

Keenam, Dukungan terhadap Langkah dan Sekutunya

Muhammadiyah menyambut baik langkah yang menugaskan Indonesia bersama Arab Saudi, Yordania, Mesir, Qatar, Turki, dan Nigeria untuk mengambil langkah internasional guna menghentikan perang di Gaza dan memulai proses politik menuju penyelesaian damai. Muhammadiyah siap mendukung langkah-langkah ini.

Ketujuh, Kesiapan Menyokong Pemerintah RI

LHKI PP Muhammadiyah menyatakan kesiapannya untuk mendukung langkah-langkah yang akan diambil oleh Pemerintah Republik Indonesia dalam melaksanakan tugas bersejarah yang diberikan oleh KTT Gabungan Luar Biasa tersebut. Mereka juga menawarkan kontribusi dalam upaya diplomatik yang sejalan dengan resolusi OKI, Liga Arab, dan PBB, termasuk dalam kerangka menuju tercapainya “Two-State Solution.”

Baca Juga:  Sudah 92% Visa Jamaah Haji Reguler Indonesia Terbit

Melalui berbagai langkah ini, Muhammadiyah menunjukkan komitmen aktifnya dalam membantu penyelesaian krisis Gaza dan memperjuangkan perdamaian di Palestina. (R/RS2/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.