Muhammadiyah Terima Kunjungan Pdt Gomar Gultom

PP Muhammadiyah terima kunjungan silaturahmi Pdt Gomar Gultom Ketua Umum PGI beserta jajaran di Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah Yogyakarta, Sabtu 15 Juni 2024 (Foto: Muhammadiyah)

Jakarta, MINA – Pimpinan Pusat Muhammadiyah menerima kunjungan silaturahmi Pdt Gomar Gultom Ketua Umum Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) beserta jajaran di Kantor Pimpinan Pusat Muhammadiyah Yogyakarta, Sabtu (15/6).

Hadir saat menerima silaturahmi, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Busyro Muqoddas dan Dr H Agung Danarto. Dalam sambutan Busyro Muqoddas mengatakan, hubungan erat antara Muhammadiyah dan organisasi masyarakat lintas iman perlu diperkuat.

Lanjut kata Busyro, Muhammadiyah dalam hal toleransi dan moderasi beragama telah mempraktikkan dengan menyediakan hak-hak mendapat pendidikan bagi seluruh lapisan masyarakat tanpa membeda-bedakan latar belakang keagamaan dan keyakinan.

“Di Papua dan Kupang, kampus-kampus Muhammadiyah membuka akses pada masyarakat gereja untuk menempuh pendidikan tinggi,” ujar Busyro

Baca Juga:  Seminar Ekosistem Islam Holistik Hadirkan Grand Seikh Al-Azhar

Menurutnya, gerakan keagamaan seperti Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Budha, dan Konghucu perlu intensif bersinergi mengimplementasikan tujuan-tujuan keimanan dan keagamaan menjaga lingkungan hidup.

“Dalam melakukan aktivitas kemanusiaan dan advokasi, Muhammadiyah bersifat inklusif, Selain itu menjadi tanggung jawab ormas keagamaan mengawal kepentingan masyarakat, termasuk menjaga kelestarian lingkungan hidup dan penegakan HAM,” imbuhnya.

Pdt Gomar Gultom mengapresiasi kiprah Muhammadiyah dalam bidang pendidikan dan kesehatan, meski mengelola aset yang besar, Muhammadiyah tetap terkoordinasi baik dan berkelanjutan.

“Banyak warga gereja yang mendapatkan hak atas pendidikan dengan kehadiran kampus-kampus Muhammadiyah di kawasan mayoritas masyarakat Kristiani,” kata Pdt Gomar.

Dalam pertemuan disepakati pembahasan mengenai persoalan-persoalan kebangsaan, kenegaraan, dan merekatkan hubungan yang positif lintas iman, maka diperlukan interaksi yang berkelanjutan.

Baca Juga:  IRI-BRGM Indonesia Gelar Pelatihan Jurnalisme untuk Komunitas Agama

PP Muhammadiyah dan PGI Pusat akan membentuk tim masing-masing diwakili oleh lembaga, majelis, atau unsur organisasi yang relevan dengan tugas dalam tim.[]

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Widi Kusnadi