MUI: PENGELOLAAN IBADAH HAJI OLEH ARAB SAUDI SUDAH TEPAT

Ketua Umum MUI. KH Ma'ruf Amin (Foto: MINA)
Ketua Umum . KH Ma’ruf Amin (Foto: MINA)

Jakarta, 15 Dzulhijjah 1436/29 September 2015 (MINA) – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin mengemukakan, insiden yang terjadi dalam pelaksanaan ibadah tahun ini menimbulkan ketidakpercayaan terhadap Pemerintah Kerajaan Arab Saudi dalam mengelola pelaksanaan ibadah haji.

 Namun menurutnya, “pengelolaan pelaksanaan ibadah haji oleh Arab Saudi sudah tepat, lagipula setiap tahun ada perbaikan untuk meningkatkan pelayanan haji, dan kalau terjadi insiden ya Pemerintah Arab Saudi harus mengadakan evaluasi,” kata KH Maaruf Amin, Selasa, di kantor MUI Pusat, Jakarta.

“Belum tentu pengelolaan ibadah haji akan lebih baik bila  dikelola oleh sebuah lembaga yang beranggotakan negara-negara yang rutin mengirimkan warganya menjadi tamu Allah subhana wata’ala“.

“Kalau dikelola berbagai negara malah jadi masalah. Nanti siapa yang bertanggungjawab,” kata Kyai Ma’ruf, yang juga Rais Aam PBNU.

Ia menambahkan, Kerajaan Arab Saudi juga sudah menyatakan bertanggungjawab atas insiden yang terjadi. “Kalau menurut saya, pengelolaan haji sudah sepatutnya diserahkan kepada otoritas Kerajaan Arab Saudi,” ujarnya.

Dia menambahkan, Arab Saudi sebagai tuan rumah menyediakan fasilitas dan melakukan evaluasi. Adapun negara-negara yang mengirimkan warganya untuk berhaji tinggal melakukan pendampingan dan penjagaan.

“Saya menyarankan agar masing-masing negara untuk menjaga jamaahnya”. (L/P002/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.

Comments: 0