MUI Manokwari Gelar Tabligh Akbar

MUI Papua Barat Gelar bertajuk “Sinergitas Ulama, Umara, dan Ummat”. di Masjid Ridwanul Bahri komplek Angkatan Laut Manokwari,

Manokwari, MINA – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Papua Barat menggelar tablig akbar bertajuk “Sinergitas Ulama, Umara, dan Ummat” di Masjid Ridwanul Bahri, Kompleks Angkatan Laut Manokwari, Ahad (21/1).

Ketua MUI Provinsi Papua Barat KH Achmad Nusrau mengajak seluruh umat Islam agar terlibat aktif dalam amar ma’ruf nahi munkar.

“Amar ma’ruf nahi munkar bukan hanya tanggung jawab ustaz, tapi seluruh kaum muslimin,” kata Achmad dalam keterangan tertulis yang diterima Mi’raj News Agency (MINA).

“Termasuk para umara (pemegang kekuasaan) yang bisa mengubah kemungkaran dengan ‘tangan’.”

Dia juga menambahkan, amar ma’ruf nahi munkar merupakan faktor yang bisa menjadikan umat Islam sebagai “khairu ummah” (umat terbaik).

Sementara Wakil Sektaris Jenderal MUI Muhammad Zaitun Rasmin menyampaikan bahwa persatuan umat Islam adalah kebaikan untuk semua komponen bangsa. Termasuk umat nonmuslim.

Dia juga menyatakan bahwa persatuan lebih umum dari persaudaraan. Umat dituntut untuk mempererat persaudaraan sesama muslim, sembari memperkokoh persatuan dengan sesama komponen bangsa.

Untuk memperkuat ukhuwah (persaudaraan), beliau menyebutkan beberapa resep sesuai tuntunan dalam Islam. Pertama, “As Salam” yang artinya menebarkan salam. Kedua, Al Ibtisam atau senyuman. Ketiga, “Al Kalam” atau komunikasi. Dan yang keempat adalah “Tahaadu” atau saling memberi hadiah.

Kuatnya persatuan dan persaudaraan akan membuahkan sinergitas. Termasuk sinergitas dalam hal dakwah, antarlembaga dakwah. Berikutnya adalah sinergitas bersama umara’

Sinergitas inilah yang menurutnya, akan mewujudkan masyarakat dan bangsa yang “baldatun thayyibah”, negeri yang penuh kebaikan dan keberkahan.

Tablig akbar ini dirangkaikan dengan Majelis Dzikir MUI-Mola, yaitu majelis zikir yang diketuai langsung oleh Wakil Gubernur Papua Barat. Mola adalah akronim dari nama Wakil Gubernur Papua Barat yaitu Mohmad Lakotani. (R/R03/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.