MUI: Sertifikasi Halal Makin Meluas

Jakarta, 19 Muharram 1438/20 Oktober 2016 (MINA) – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia () KH. menyatakan bahwa perkembangan teknologi dan tuntutan masyarakat konsumen kian menguat, sertifikasi kini bukan hanya meliputi produk-produk pangan, obat-obatan dan kosmetika saja, melainkan telah pula meluas. Mencakup produk barang gunaan, bahkan juga logistik dan transportasi.

“Mengonsumsi dan menggunakan produk halal merupakan suatu tuntunan agama yang harus wajib dipenuhi dan tidak boleh dilanggar, maka halal selama ini menjadi pegangan bagi kaum Muslimin di seluruh dunia termasuk Indonesia,” kata Ma’ruf dalam sambutan International Indonesia Halal Expo (INDHEX) 2016 di JI Expo Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (20/10) pagi.

“Dari segi momentum kegiatan ini, kami pandang sangat tepat, sebab saat ini halal telah menjadi perhatian dunia, bukan hanya sebagai memenuhi ketentuan sarana syariat Islam saja. Namun, juga dinilai menguntungkan dari segi bisnis, karena tak mengherankan jika negara-negara non Muslim seperti Korea Selatan dan Jepang sangat memberikan perhatian terhadap masalah produk halal,” ujarnya.

INDHEX 2016 yang berlangsung 20-23 Oktober 2016 tersebut menjadi sarana promosi berbagai produk halal, termasuk makanan, minuman, obat-obatan, kosmetika, fashion, lembaga keuangan dan bisnis lainnya.

Dalam pameran tersebut diadakan penampilan dan pameran kebudayaan, pameran buku dan edukasi, fashion show, pameran makanan dan minuman halal, hingga pameran wisata syariah, umrah dan haji.

INDHEX 2016 merupakan program rutin MUI yang dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang halal. Program itu berisi berbagai macam kegiatan seperti pameran produk halal (Expo), seminar internasional (Global Halal Forum), Simposium, pelatihan, dan Halal Award. (L/P002/R05)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.