Munas ke-X MUI Ditutup, Ma’ruf Amin Sampaikan Tiga Pesan

Jakarta, MINA – Musyawarah Nasional ke-X Majlis Ulama Indonesia (MUI) resmi ditutup, Jumat (27/11),  oleh Prof Dr KH Maruf Amin, Ketua Wantim MUI periode 2020-2025 yang juga sebagai Wakil Presiden RI.

Dalam sambutannya, Ma’ruf yang juga Ketua Umum MUI periode sebelumnya, menyampaikan tiga pesan  kepada kepengurusan MUI periode 2020-2025.

Pertama, Islam Wasathiyah merupakan komitmen yang harus dipegang teguh, dengan cara berpikir dan bersikap secara moderat, dan menjadikan Islam Wasathiyah sebagai pedoman dalam setiap kiprah MUI di masa yang akan datang.

“Islam Wasathiyyah merupakan cara berpikir, bersikap dan bertindak secara moderat tidak berlebihan, tidak masa bodoh dan tidak berpikir terlalu longgar,” kata Ma’ruf.

Kedua, MUI diharapkan terus melakukan  pembenahan dan perbaikan prinsip secara berkelanjutan terutama menjalankan fungsi sebagai khadimul ummah.

“Yaitu melakukan perbaikan continuous improvement berkelanjutan menjadi fungsi mitra pemerintah,” ujar dia.

Ketiga, MUI terus mengawal perkembangan ekonomi terutama keuangan syariah sebagai basis kehidupan ekonomi umat menjadi bagian integral dari struktur perekonomian nasional.

Selain itu, dia apresiasi kepada MUI yang turut berkontribusi sejak tahap awal membantu pemerintah dalam sosialisasi dan penanganan pandemi Covid-19.

Ma’ruf meminta MUI bisa mengeluarkan fatwa yang memberikan ketetapan kepada masyarakat terkait kehalalan vaksin Covid-19 yang saat ini uji kehalalannya.

“Pihaknya meminta ketetapan fatwa MUI tentang kehalalan vaksin Covid-19 dapat terbit sebelum vaksin diedarkan, sebab tidak lama lagi vaksin Covid-19 akan tersedia dan siap diberikan kepada masyarakat,” katanya.

Ma’ruf mengucapkan selamat kepada kepengurusan MUI yang baru untuk mengemban tugas dan amanah menjaga MUI periode 2020-2025, yang dipimpin KH Miftachul Akhyar sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian.

Ia juga berharap semoga kiprah MUI bisa semakin maju untuk umat.

“Dengan mengucap alhamdulillah acara Munas ke-X MUI resmi ditutup, semoga Allah memberikan petunjuk dan perlindungan rahmatnya kepada bangsa Indonesia,” katanya. (L/R4/P1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: kurnia

Editor: Ismet Rauf

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.