Nasihat Imaamul Muslimin untuk Senantiasa Menjaga Kebersihan

Cileungsi, Kab. Bogor, MINA – Imaamul Muslimin, Yakhsyallah Mansur menyampaikan nasihatnya kepada para Muslimah khususnya, untuk senantiasa menjaga kebersihan.

Hal itu disampaikan dalam rangka pembinaan Asatidzah serta kaum Muslimah yang ada di lingkungan Madrasah Al-Fatah Cileungsi, Kamis (10/9) siang, di Masjid Attaqwa Shuffah Cileungsi, Bogor.

“Sesungguhnya Allah senang kepada orang yang bertaubat dan kepada orang yang sangat menjaga kebersihan,” katanya.

Imaam mengatakan, jika ingin dicintai Allah maka hendaknya jadilah orang yang senantiasa (sangat) bersih.

“Allah memberikan beberapa tuntunan kepada umat muslim, diantaranya senantiasa menjaga kebersihan dalam berpakaian, kebersihan pribadi, dan kebersihan diri, sehingga Allah nanti akan senang dengan kita semua,” tambahnya.

Selanjutnya, setelah diri kita bersih maka yang harus diperhatikan adalah lingkungan sekitar.

“Seperti Masjid, tempat wajib untuk kaum laki-laki beribadah, sedangkan rumah untuk perempuan. Maka perlakukan rumah seperti masjid, usahakan rumah dan masjid untuk selalu bersih dan wangi,” katanya.

Kebersihan lingkungan, rumah dan masjid adalah merupakan perintah dalam Islam. Agar senantiasa dibersihkan dan diwangi-wangikan.

Imaam memberi perumpamaan, seperti kisah pada zaman Rasul. Apabila rumah yang halamannya bersih, bisa dipastikan pemiliknya adalah Islam. Namun jika kotor, maka diperkirakan pemiliknya adalah Yahudi.

Imaam juga menambahkan, ciri-ciri Iman itu ada 79 cabang. Tingkatan yang paling tinggi yaitu mengucap La ila ha illallah, dan yang paling rendah adalah membersihkan kotoran di jalan.

“Pesan saya, upayakan diri, rumah, jalan dan lingkungan kita bersih. Jaga selalu kebersihan karena dengan itu Insyaallah kita dapat terhindar dari wabah yang saat ini sedang melanda kita semua,” ujarnya.

“Tetap menjalankan protokol kesehatan dan senantiasa menjaga kebersihan. Kebersihan pribadi, kebersihan masjid, kebersihan rumah, dan kebersihan lingkungan,” katanya. (L/R11/RS1)

Mi’raj News Agency (MINA)