Netanyahu-Erdogan akan Bertemu di New York Pekan Depan

Tel Aviv, 12 Dzulhijjah 1437/14 September 2016 (MINA) –Perdana Menteri Israel Benyamin dan Presiden Turki Recep Tayyep dijadwalkan akan untuk pertama kalinya sejak insiden Mavi Marmara 2010, di New York pekan depan, di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB.

Kantor Berita Islam MINA (Mi’raj Islamic News Agency) dari sumber lokal Israel National News melaporkan, pertemuan itu disepakati setelah kontak rahasia antara kedua pemimpin negara itu, dan ini dimungkinkan setelah Erdogan membubuhkan tanda tangan perjanjian rekonsiliasi.

Berdasarkan kesepakatan itu, Israel akan membayar Turki  20 juta dolar AS (sekitar Rp264 miliar) sebagai kompensasi atas korban 10 warga Turki akibat serangan pasukan Israel ke sebuah kapal bantuan Turki untuk Gaza pada 2010.

Menteri kabinet Israel menyetujui kesepakatan dengan Turki pada akhir Juni. Namun, Ankara waktu itu belum mengajukannya ke parlemen sampai akhir Agustus karena aksi kudeta gagal pada 15 Juli.

Perjanjian tersebut juga menyebutkan normalisasi hubungan, penghapusan sanksi negara, peningkatan tingkat hubungan diplomatik dan pertukaran duta besar.

Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu, baru-baru ini menyebutkan bahwa Turki dan Israel akan sama-sama memulai proses pertukaran duta besar dalam beberapa hari mendatang. (T/P4/P001)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

 

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.