NETANYAHU SEBUT ABBAS BUKAN MITRA DALAM PERDAMAIAN

Netanyahu

NetanyahuTel Aviv, 24 Rajab 1435/24 Mei 2014 (MINA) – Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mengatakan, Presiden Palestina Mahmoud Abbas, menuduhnya menghalangi “pembicaraan damai”, dan mengatakan Israel sedang menimbang langkah sepihak yang akan mencakup penarikan terbatas dari beberapa daerah Tepi Barat.

Pemimpin Partai Likud mengatakan, perundingan perdamaian telah gagal, dan bahwa ” tidak ada mitra Palestina dalam proses perdamaian”, dan menuduh Abbas tidak melakukan upaya untuk maju menuju perdamaian yang komprehensif dengan Tel Aviv.

Tel Aviv sedang mempertimbangkan sejumlah langkah sepihak, tetapi juga Israel juga khawatir bahwa ” langkah sepihak di Tepi Barat akan membawa Hamas berkuasa, mirip dengan apa yang terjadi di Jalur Gaza “. kata Netanyahu, Internasional Middle East Media Center (IMEMC) yang dikutip Mi’raj Islamic News Agency (MINA), Saptu.

Baca Juga:  Tentara Israel Serbu Masjid Ibrahimi, Larang Azan Berkumandang

Hamas mengumpulkan kemenangan besar dalam pemilu legislatif 2006, sebelum Israel memblokade Gaza, menculik dan mempenjarakan sebagian besar legislator dan pejabat pemerintahan yang terpilih.

Dia mengatakan, Tel Aviv tidak tertarik pada suatu Negara Palestina, “yang akan dimediasi oleh Iran”, dan pada saat yang sama, Israel tidak ingin menjadi negara nasional, karena ingin mempertahankan “identitas Yahudi”.

Netanyahu juga menolak setiap gagasan bahwa pembicaraan damai dengan Palestina telah runtuh akibat pembangunan pemukiman Israel dan kegiatan ekspansi di Tepi Barat yang diduduki, termasuk di sekitar wilayah Yerusalem Timur.

Dia menambahkan, Israel telah membangun dan memperluas pemukiman di Tepi Barat, terutama selama dua puluh tahun terakhir, karena “pemukiman mereka selamanya akan tetap berada di bawah kedaulatan Israel”, dan “tidak akan mempengaruhi bentuk negara Palestina di masa depan”.

Baca Juga:  Mantan Mossad: Ekonomi Israel Runtuh dan Kalah Perang di Gaza

Netanyahu mengomentari, perjanjian rekonsiliasi Palestina terbaru, termasuk kesepakatan untuk membentuk pemerintah persatuan sementara yang akan mempersiapkan pemilihan,

Netanyahu mengatakan. Abbas memilih untuk berdamai dengan Hamas, gerakan tersebut dianggap baik oleh Israel dan Amerika Serikat, sebagai “kelompok teroris” Oleh karena itu, ” Presiden Palestina membuktikan bahwa dia tidak tertarik dengan pembicaraan damai.”

Dia juga menuduh Abbas mengambil sikap garis keras, dan tidak menunjukkan fleksibilitas dalam pembicaraan langsung dengan Tel Aviv.

Sementara itu, harian surat kabar Haaretz Israel mengatakan, Netanyahu bermaksud untuk memulai pembicaraan damai, pekan depan, putaran pembicaraan damai dengan menteri dari pemerintahnya mengenai langkah sepihak Tel Aviv akan mengambil sebagai ” alternatif untuk pembicaraan damai dengan Palestina memburuk”.

Baca Juga:  WHO: Tak Ada Pasokan Medis yang Diterima di Gaza Selama 10 hari

Israel menolak untuk mengadakan pembicaraan serius dengan Palestina tentang masalah status akhir penting atasnya oleh masa depan Yerusalem yang diduduki, perbatasan, sumber daya alam, Lembah Yordan dan Hak Kembalinya para pengungsi Palestina.

Dia menekankan, pada apa yang mereka sebut nya ” hak ” untuk membangun dan memperluas pemukiman Yahudi di Tepi Barat, disekitar Yerusalem yang diduduki, adalah pelanggaran hukum internasional dan Konvensi Jenewa Keempat.

Tentara Israel dan pemukim yahudi Israel, telah berlangsung pelanggaran aksi pelecehan terhadap warga Palestina, merusak rumah-rumah warga Palestina mereka, tanah dan tempat-tempat suci mereka. (T/P012)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

http://imemc.org/article/67904

Wartawan: kurnia

Editor:

Comments: 0