Netanyahu Tak Mau Bahas Tuduhan Korupsi Dirinya

(Dail;y Mail)

Tel Aviv, MINA – Benjamin Netanyahu tidak mau membahas perkembangan terakhir pada pertemuan kabinet mingguannya mengenai tuduhan yang ditujukan pada dirinya.

Walaupun teman dekatnya mengatakan, Netayahu merasa santai dan percaya diri meskipun ada laporan bahwa sedang mempersiapkan untuk merekomendasikan dakwaan yang dapat mengancam jabatannya. Demikian menurut sumber orang-orang terdekatnya, Ahad (6/8).

“Saya sama sekali tidak khawatir. Perdana Menteri juga tidak khawatir,” kata Menteri Olahraga dan Budaya Miri Regev, yang dikenal cukup dekat dengan Netanyahu.

“Seperti yang telah dia katakan berulang kali, tidak akan ada apa-apa, karena tidak ada apa-apa. Sebagian media dan pihak oposisi melakukan semua yang mereka bisa untuk menjatuhkan Netanyahu. Itu tidak akan membantu mereka. Anda mengganti kepemimpinan di kotak suara, bukan dalam penyelidikan dan tbukan pula oleh media,” kata Regev seperti dilaporkan Arabnews yang dikutip MINA.

Pada hari Kamis, polisi Israel mengungkapkan, mereka mencurigai Netanyahu terlibat dalam penyuapan, kecurangan dan pelanggaran kepercayaan terhadap sejumlah kasus.

Pada hari Jumat, mantan kepala staf Netanyahu dan kepercayaan lama Ari Harow menandatangani sebuah penyelesaian saksi negara di mana dia setuju untuk bersaksi melawan mantan mentornya. Hal ini telah menimbulkan spekulasi bahwa Netanyahu dapat segera didakwa, dan memicu seruan dari tokoh oposisi bahwa dia harus mengundurkan diri.

Harow akan melayani enam bulan pelayanan masyarakat dan membayar denda 700.000 Shekel (sekitar $ 193.000) atas keterlibatannya dalam kasus korupsi terpisah. Ini tampaknya merupakan hukuman yang lebih ringan dari perkiraan karena mendapat kesaksiannya terhadap perdana menteri.

Netanyahu telah berulang kali membantah melakukan kesalahan dan menyebut tuduhan tersebut sebagai perburuan penyihir yang didorong oleh media yang tidak bersahabat yang menentang pandangan politik garis kerasnya.

Netanyahu telah beberapa kali ditanya tentang hubungan terlarangnya dengan eksekutif media, bisnis internasional dan Hollywood.

Satu investigasi yang melibatkan Netanyahu dalam dokumen “File 1000,” dilaporkan, menyebutkan Netanyahu menerima hadiah mewah dari pendukung kaya, termasuk miliarder Australia James Packer dan produser Hollywood Arnon Milchan.

Penyelidikan kedua, “File 2000,” dilaporkan menyangkut dugaan upaya Netanyahu untuk membuat kesepakatan dengan penerbit Arnon Mozes dari kelompok surat kabar Yediot Ahronot dalam mempromosikan undang-undang untuk melemahkan pesaing utama Yediot dengan imbalan bagi Netanyahu yang lebih baik oleh Yediot.

Investigasi ketiga, “File 3000”, berkaitan dengan kemungkinan benturan kepentingan yang melibatkan pembelian kapal selam Jerman, di mana sepupu dan pengacara pribadi Netanyahu mewakili perusahaan Jerman yang terlibat dalam kesepakatan tersebut.

Netanyahu dalam sebuah posting Facebook pada hari Jumat, dia menolak tuduhan itu, dan berjanji untuk terus maju. Tak satu pun dari mitra koalisinya atau anggota partai Likud lainnya telah mengecamnya.

Netanyahu, pemimpin terlama kedua dalam sejarah Israel, lolos dari beberapa skandal sebelumnya. Tapi dalam ketidakseimbangan saat ini, “Netanyahu bertanggung jawab untuk menemukan dirinya dalam ikatan yang bahkan dia, politisi paling mengakar dalam sejarah Israel, akan sulit mengundurkan diri,” tulis Yoav Fromer di harian Yediot Ahronot.

Secara hukum, Netanyahu tampaknya berada di tempat yang kokoh untuk saat ini. Meski pendahulunya, Ehud Olmert, mengundurkan diri pada tahap yang sama dalam penyelidikan kasus korupsi, Netanyahu tidak diwajibkan untuk mengundurkan diri.

Hukum Israel menetapkan bahwa perdana menteri hanya dapat dihapus oleh parlemen, meskipun Mahkamah Agung sejak saat itu telah menetapkan preseden bahwa menteri dan walikota harus mengundurkan diri jika mereka didakwa.

Menteri kehakiman Israel mengatakan bahwa perdana menteri, di sisi lain, tidak dipaksa untuk melakukannya.

Tapi jika polisi merekomendasikan sebuah dakwaan, mungkin akan ada tantangan hukum yang akan menyulitkan Netanyahu untuk berkuasa, kata Barak Medina, seorang profesor hukum di Universitas Ibrani Yerusalem.

“Secara formal, dia tidak perlu mengundurkan diri,” katanya. “Tapi jika semua informasi keluar dan polisi merekomendasikan dia dikenai tuduhan kejahatan serius, tidak mungkin dia bisa melanjutkan pekerjaannya.”

Investigasi diperkirakan akan berlangsung beberapa bulan lagi, dengan para komentator memprediksi sebuah penyelldikan panjang ke depan.

“Netanyahu sekarang memainkan peran utama dalam tragedi ‘Rezim Perubahan di Yerusalem,'” tulis Pemimpin Alih Ben-Haaretz.  (T/B05/RS2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.