OKI Desak India Izinkan Komisi HAM Kunjungi Kashmir

Pelajar wanita turut melawan pasukan keamanan India. (Foto: Habib Naqash/GK)

 

Islamabad, MINA – Organisasi Kerja Sama Islam () mendesak pemerintah India untuk mengizinkan sebuah delegasi Komisi Hak Asasi Manusia Tetap Independen (IPHRC) mengunjungi Kashmir.

Komisi nantinya akan memverifikasi pelanggaran hak asasi manusia yang dilaporkan terjadi di wilayah lembah yang diperebutkan oleh India dan Pakistan tersebut.

Media Pakistan yang berbasis di Islamabad melaporkan pada hari Sabtu (12/8), OKI menegaskan kembali dukungannya terhadap penyelesaian damai sengketa Kashmir sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan PBB yang relevan.

“OKI mengatakan hal ini sebagai tanggapan atas siaran pers baru-baru ini oleh Kementerian Urusan Luar Negeri India, mengenai resolusi yang diadopsi di Jammu dan Kashmir,” lapor Pakistan Today. Demikian Greater Kashmir memberitakan yang dikutip MINA.

OKI mengatakan, pihaknya telah berusaha untuk terlibat bersama India untuk membantu dalam menemukan penyelesaian sengketa secara damai.

Sudah lebih setahun lamanya, berlangsung perseteruan antara rakyat Muslim Kashmir yang menginginkan kemerdekaan dengan pasukan pemerintah India. Hampir setiap hari terjadi bentrokan di berbagai wilayah subur itu.

Peningkatan operasi pasukan keamanan India terus membunuh anggota pejuang kemerdekaan Kashmir dan warga sipil. (T/RI-1/P2)

Mi’raj Islamic News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.