Oleh-Oleh Khas Lampung Cocok Jadi Buah Tangan Saat Mudik

Lapis Legit, makanan khas Lampung. (Photo: Istimewa)

Lampung memang memiliki banyak oleh-oleh khas yang bisa menjadi pilihan untuk dibawa pulang sebagai kenang-kenangan atau dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan teman saat liburan baik itu hari raya dan sebagainya.

Oleh-oleh memiliki peran penting dalam mempromosikan kekayaan budaya dan kuliner daerah Lampung kepada wisatawan yang datang berkunjung.

Selain itu, oleh-oleh khas Lampung juga dapat menjadi sumber pendapatan bagi para pelaku usaha mikro dan kecil di daerah Lampung.

Lampung memiliki beberapa oleh-oleh khas yang dapat dijadikan sebagai souvenir atau oleh-oleh untuk dibawa pulang, di antaranya:

1. Kain Tapis Lampung: Kain tradisional berupa kain tenun yang dihiasi dengan berbagai motif dan warna-warni cerah.

2. Dodol Khas Lampung: Dodol adalah makanan khas Lampung yang terbuat dari ketan dan gula merah.

3. Kue Abuk Khas Lampung: Kue abuk adalah kue tradisional Lampung yang terbuat dari tepung ketan dengan isi kacang hijau dan gula merah.

4. Kripik Pisang Saleh: Kripik pisang Saleh adalah makanan ringan khas Lampung yang terbuat dari pisang kepok yang diiris tipis dan dikeringkan.

5. Lapis Legit: Merupakan kue yang berupa lapisan-lapisan dengan tekstur lunak dan terasa sangat manis sehingga disebut lapis legit. Dibuat berbahan dasar telur dan gula pasir.

6. Keripik Sukun: Keripik sukun adalah keripik khas Lampung yang terbuat dari sukun yang diiris tipis dan dijadikan keripik.

7. Kopi Lampung: Lampung merupakan salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia, sehingga Kopi Lampung dapat menjadi pilihan oleh-oleh yang menarik. Kopi Lampung terbukti banyak dinikmati para pecinta kopi karena kehasan rasanya. Di Pesantran Al-Fatah Muhajirun, ada Kopi Raja yang terkenal dengan kedermawanannya menyuplai kebutuhan pesantren.

8. Siger Lampung: Siger adalah mahkota khas Lampung yang biasa dipakai oleh wanita dalam acara adat atau pernikahan.

Demikianlah beberapa oleh-oleh khas Lampung yang bisa dibawa pulang oleh para wisatawan atau pengunjung provinsi Lampung khususnya. (R/R12/P2)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Habib Hizbullah

Editor: Widi Kusnadi

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.