OLGENAS XV 2020, MAN 2 Malang Raih Emas dan Perak

Malang, MINA – Tim Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang berhasil meraih medali emas dan perak di ajang Olimpiade Geografi Nasional () XV 2020.

OLGENAS merupakan program kompetisi tahunan yang digelar Fakultas Geografi Universitas Gajah Mada (UGM), berlangsung dari 15 – 17 Januari dan diikuti 151 SMA/MA terbaik dari seluruh Indonesia.

Setiap sekolah atau madrasah hanya boleh mengirimkan dua tim dengan masing-masing dua personel. OLGENAS XV bertepatan dengan lustrum Fakultas Geografi, demikian dikutip MINA dari laman Kemenag, Selasa (21/1).

Kepala Sekolah MAN 2 Kota Malang Binti Maqsudah mengatakan, madrasahnya mengirim dua tim dengan satu guru pendamping pada OLGENAS XV 2020.

“Tim A berhasil meraih medali perak dan Tim B berhasil meraih medali emas,” kata Binti.

“Tim B juga meraih Best Written Test karena mendapatkan nilai tertinggi dalam tes tulis. Moc. Rangga Alif Dharmawan juga mendapatkan Best Poster dan Best Presentation saat menampilkan hasil Geography Creative Collaboration atau GCC,” ujarnya.

Menurutnya OLGENAS terbagi atas beberapa tahapan. Hari pertama, peserta mengerjakan 75 soal writing test (berbahasa Inggris) selama 90 menit. Selanjutnya, peserta mengerjakan 40 soal multimedia.

Hari kedua, kegiatan dimulai dengan mengerjakan test di lapangan atau outdoor learning test dengan mengunjungi Waduk Kamijoro di Kulonprogo, DIY.

Selanjutnya, kegiatan ditutup dengan melakukan test geografi meliputi pembuatan poster, log book, dan studi kasus dengan nama Geography Creative Collaboration (GCC).

“Hari terakhir, lima tim terbaik secara kolaborasi dalam kelompok baru menampilkan hasil GCC mereka,” pungkasnya. (R/HD/RI-1)

Mi’raj News Agency (MINA)

Wartawan: Rudi Hendrik

Editor: Rudi Hendrik

Ikuti saluran WhatsApp Kantor Berita MINA untuk dapatkan berita terbaru seputar Palestina dan dunia Islam. Klik disini.