Image for large screens Image for small screens

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Damai di Palestina = Damai di Dunia

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Olimpiade Tokyo 2020 Resmi Ditutup

Lailatul Mukarromah - Senin, 9 Agustus 2021 - 06:07 WIB

Senin, 9 Agustus 2021 - 06:07 WIB

3 Views

Jakarta, MINA – Ajang Olimpiade Tokyo 2020 resmi ditutup pada Ahad (8/8) malam oleh Presiden IOC Thomas Bach.  Api Olimpiade yang telah dipadamkan menjadi pertanda berakhirnya gelaran Olimpiade yang berlangsung sejak 23 Juli hingga 8 Agustus 2021.

Bendera Olimpiade dikserahkan Presiden IOC kepada Walikota Paris, Perancis, yang akan jadi tuan rumah 2024.

Olimpiade Tokyo rencana awalnya berlangsung pada 2020 namun ditunda setahun karena pandemi covid-19. Namun, dengan pembatasan yang ketat termasuk laga tanpa penonton, Olimpiade Tokyo akhirnya bisa terlaksana hingga akhir.

Bach mengatakan, penyelenggaraan Olimpiade ini sebagai simbol harapan di tengah pandemi yang melanda.

Baca Juga: 150 Atlet Jelajahi Sabang pada “Aceh International Orienteering”

“Tidak ada satu pun yang pernah bisa menggelar Olimpiade yang pernah tertunda sebelumnya,” ucap Presiden IOC Thomas Bach seraya berterima kasih pada pemerintah dan masyrakat Jepang.

Amerika Serikat menjadi juara umum dengan perolehan 39 emas 41 perak 33 perunggu. Lalu diposisi kedua ditempati oleh China dengan perolehan 38 emas 32 perak 18 perunggu. Sedangkan tuan rumah Jepang berada diposisi ketiga dengan 27 emas 14 perak dan 17 perunggu.

Kemudian, Indonesia mengakhiri Olimpiade Tokyo dengan 28 atlet menempati posisi ke-55, mengumpulkan 1 emas, 1 perak, dan 3 perunggu.

Emas dipersembahkan oleh Greysia Polii/Apriyani Rahayu sedangkan perak diberikan oleh Eko Yuli Irawan. Tiga perunggu  diraih oleh Windy Cantika Aisah, Rahmat Erwin, dan Anthony Ginting.

Baca Juga: Ranking FIFA Timnas Indonesia Naik Usai Tahan Imbang Arab Saudi

Seperti yang sudah menjadi tradisi, medali untuk maraton jadi bagian dari penutupan. Di Olimpiade Tokyo, pemenang medali emas untuk maraton putra dan putri berasal dari Kenya yaitu Eliud Kipchoge dan Peres Jepchirchir.

Setelah ini, Tokyo akan menggelar Paralimpiade yang bakal berlangsung sejak 24 Agustus hingga 5 September mendatang. Indonesia akan mengirimkan 23 atlet untuk berlaga di ajang tersebut. (R/R11/P1

Mi’raj News Agency (MINA)

Baca Juga: Timnas Indonesia Imbangi Arab Saudi 1-1

Rekomendasi untuk Anda

Indonesia
Indonesia
Indonesia
Indonesia
MINA Sport
MINA Millenia
MINA Health
Asia
Indonesia
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) RI Hadi Tjahjanto (foto: Humas Kemenko Polhukam)
Indonesia