DKI Juara Pertama Pomnas 2022

Menpora resmi tutup Pomnas 2022. (doc kemenpora)

Padang, MINA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali secara resmi menutup Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional () 2022 di Auditorium Universitas Negeri Padang, demikian keterangan tertulis, Senin (28/11).

Juara pertama diraih DKI Jakarta dengan perolehan 49 emas, 33 perak, dan 33 perunggu.

Sementara tuan rumah Sumatera Barat berada di peringkat lima setelah mendapatkan 14 medali emas, 8 perak, dan 14 perunggu.

“Sumatera Barat berada diperingkat kelima. Ini luar biasa dan saya rasa target yang diusung sudah benar. Pembinaan saya rasa sudah baik. Selamat atas prestasi yang diraih, dan yang belum tingkatkan lagi pembinaan,” kata Menpora.

Menurutnya, POMNAS merupakan ajang bergengsi bagi mahasiswa di Tanah Air. Untuk itu, diharap kegiatan ini menjadi wadah agar bisa menyalurkan bakat atau talenta yang dimiliki.

“POMNAS tahun ini berakhir. Ini adalah ajang kompetisi yang sangat baik bagi mahasiswa. Sumatera Barat sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi yang telah ditetapkan,” ujarnya.

Menpora menyadari tak mudah untuk menyelenggarakan suatu event olahraga. Perlu kolaborasi yang baik dari seluruh stakeholder yang ada.

“Contohnya Asian Games, Asian Para Games, negara peserta mendapatkan kesan yang baik. Kita sukses penyelenggaraan karena sinergi semua pihak. Begitu juga event G20. Kita juga sukses, dibuktikan dengan para pimpinan negara yang sangat puas,” katanya.

POMNAS kali ini mempertandingkan 14 cabang olahraga, yakni Atletik, Renang, Bulutungkis, Tenis, Taekwondo, Pencak Silat, Karate, Tarung Derajat, Bola Basket, Bola Voli, Futsal, Sepak Takraw, Petanque dan Panjat Tebing.

Dengan tema ‘Wujudkan Talenta Mahasiswa Unggul menuju Indonesia Emas” dan moto “Hebat, Bersahabat, Terhormat’.

Selanjutnya, POMNAS yang akan datang berlangsung di Kalimantan Selatan pada tahun 2023. Hal ini ditandai dengan penyerahan bendera Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) kepada tuan rumah POMNAS selanjutnya. (R/R11/P1

Mi’raj News Agency (MINA)